Senin 10 Sep 2012 23:48 WIB

Masjid Wazir Khan, Berseni Arsitektur Persia (4-habis)

Rep: Nidia Zuraya/ Red: Chairul Akhmad
Masjid Wazir Khan di Lahore, Pakistan.
Foto: mango.itgo.com
Masjid Wazir Khan di Lahore, Pakistan.

Perpaduan Persia-Mughal

Masjid Wazir Khan menjadi saksi perkawinan antara seni khas Mughal dan Persia. Hal itu tampak pada bagian dalam masjid.

Dekorasi  pada bagian interior masjid yang megah itu merupakan perpaduan antara hiasan Persia-Mughal yang berbentuk geometris dengan perpaduan desain floral tradisional, arabesque, dan kaligrafi yang terlihat kaya warna, penuh dengan detail-detail rumit, namun juga terlihat sangat eksotis dan indah.

Konon, hiasan itu  dibuat langsung oleh seniman dari Persia yang secara khusus datang ke India atas permintaan Shah Jahan. Itulah yang menyebabkan, pengaruh Persia sangat kuat pada desain-desainnya. Meski begitu, hiasan khas Mughal juga digunakan untuk mempercantik bagian interior. Sehingga, kesan Persia-Mughal terpancar begitu kuat.

Keunikan lain dari Masjid Wazir Khan tampak pada bagian iwan depan yang digunakan untuk pasar (bazar). Pada bagian tengahnya terdapat ruang berdenah segi delapan yang dinaungi oleh sebuah kubah khas India, berbentuk bawang dengan bagian puncaknya runcing bercunduk runcing. Ruang berdenah segi delapan ini lebih difungsikan sebagai gerbang masuk utama

Salah satu ciri khas yang terdapat pada Masjid Wazir Khan ini adalah bagian ruang shalat utama (haram) yang relatif lebih pendek jika dibandingkan dengan sahn. Bagian haram ini ditandai dengan pishtaq yang tinggi serta dibingkai gapura, dan tampak menonjol jika dilihat dari bagian luar.

Pintu masuk menuju ke ruang shalat utama berupa pintu gerbang yang bentuknya tidak berbeda dengan yang di depan atau gerbang masuk utama, terdiri atas bidang tegak di tengahnya terdapat ceruk, bagian atas melengkung patah dihias muqarnas, sebuah konstruksi khas Persia. Pada bagian kiri-kanan diapit dua pelengkung yang bentuknya sama persis dengan bagian tengahnya lebih kecil. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement