Senin 10 Sep 2012 22:05 WIB

Konsep Pemikiran Teologi Islam (2)

Rep: Nidia Zuraya/ Red: Chairul Akhmad
Ilustrasi
Foto: blogspot.com
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Al-Maturidi berpendapat bahwa Alquran (kalam Allah) terbagi dalam dua bentuk. Pertama, kalam nafsi, yaitu kalam yang ada pada zat Allah SWT dan bersifat kadim (terdahulu), bukan dalam bentuk huruf dan suara.

Kalam ini menjadi sifat Allah SWT sejak dahulu kala. Manusia tidak dapat mengetahui hakikat-Nya. Kedua, kalam yang terdiri atas huruf dan suara yang disebut mushaf (kumpulan lembaran).

Mengenai masalah keadilan Allah SWT, Al-Maturidi menekankan bahwa kemerdekaan dan kemauan ada pada manusia. Sementara itu, Allah SWT dianggap tidak sewenang-wenang menjatuhkan hukuman, melainkan berdasarkan kemerdekaan yang diberikan Allah SWT kepada manusia untuk berbuat baik atau jahat.

Hal penting lainnya dalam teologi, menurut Al-Maturidi, adalah masalah perbuatan Allah SWT yang mencakup empat hal. Pertama, kewajiban Allah SWT untuk berbuat baik dan terbaik. Menurut Al-Maturidi, setiap perbuatan Allah SWT mengandung hikmah dan tujuan, tetapi hal itu bukanlah kewajiban Allah SWT.

Kedua, pemberian beban di luar kemampuan manusia. Al-Maturidi berpendapat bahwa manusialah sebenarnya yang mewujudkan perbuatan-perbuatannya, bukan Allah SWT.

Ketiga, pengiriman para rasul. Menurut Al-Maturidi, wajib bagi Allah SWT mengirim rasul-rasul kepada manusia karena Allah SWT menciptakan akal manusia yang mempunyai kemampuan terbatas. Oleh karena itu, Allah SWT memberikan wahyu kepada para rasul-Nya agar manusia mengetahui segala hal mengenai Allah SWT dan alam gaib.

Keempat, perbuatan menepati janji serta menjalankan ancaman. Dalam pandangan Al-Maturidi, Allah SWT wajib menepati janji dan ancaman-ancaman-Nya. Jika tidak dilakukan-Nya, itu akan bertentangan dengan kebebasan memilih yang ada pada manusia.

Dalam hal ini, ia berbeda pendapat dengan aliran Asy’ariyah yang mengatakan bahwa Allah SWT bisa saja tidak menepati janji-janji-Nya sehingga dapat memasukkan orang jahat ke dalam surga dan sebaliknya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement