Jumat 10 Aug 2012 21:09 WIB

Benteng Merah, Sintesis Karya Seni Dua Benua (2)

Rep: Nidia Zuraya/ Red: Chairul Akhmad
Benteng Merah di India.
Foto: blogspot.com
Benteng Merah di India.

Gaya Shahjahani

Sebagai bangunan penting di India, Benteng Merah merupakan simbol kecemerlangan arsitektur dan kekuasaan Dinasti Mughal. Bangunannya memperlihatkan hasil karya seni tingkat tinggi peninggalan Kesultanan Mughal.

Semua bangunan di kompleks benteng yang dikelilingi 14 gerbang itu bergaya arsitektur khas Mughal dan merupakan kompleks istana terbaik pada masa puncak kejayaan Shah Jahan.

Karya seni yang terdapat pada keseluruhan bangunan benteng merupakan sintesis dari karya seni Persia, Eropa, dan India.

Di tangan para seniman Kerajaan Mughal, perpaduan ketiga karya seni tersebut menghasilkan sebuah gaya arsitektur baru yang unik serta sangat kaya dalam bentuk, ekspresi, dan warna. Gaya arsitektur baru tersebut yang dikenal sebagai gaya Shahjahani.

Benteng Merah memiliki dua pintu gerbang, Lahore Gate dan Delhi Gate. Begitu pengunjung memasuki Lahore Gate yang merupakan pintu utama, terdapat Mina Bazaar atau dikenal juga dengan nama Chatta Chowk, yang merupakan pasar kecil serba ada pada masa itu. Kemudian, terdapat Naubat Khana atau ruang musik yang memiliki empat lantai.

Dalam benteng ini, juga terdapat sebuah ruang terbuka berukuran besar yang dinamakan Diwan Aam atau Bangsal Umum. Di ruang Diwan Aam inilah, raja Mughal biasa menemui tamu-tamunya yang berasal dari kalangan masyarakat umum.

Momen tersebut biasa digunakan raja untuk melakukan audiensi dengan masyarakat. Saat melakukan audiensi, raja akan berdiri di atas balkon. Sebuah pagar berlapis emas dan perak menjadi batas pemisah antara singasana raja dan para tamunya.

Sementara itu, untuk kunjungan tamu-tamu kerajaan dan pribadi, akan diterima raja di Diwani Khas atau Bangsal Pribadi. Seperti halnya ruang Diwan Aam, Diwan Khas juga berupa sebuah ruang besar, tetapi tertutup. Ruang Diwan Khas ini berhiaskan marmer dan pilar-pilar yang dihiasi dengan ukiran-ukiran bunga dan tatahan batu semimulia.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement