Ahad 05 Aug 2012 07:00 WIB

Taman Agdal: Firdaus di Kota Maroko (2)

Rep: Friska Yolandha/ Red: Heri Ruslan
Taman Agdal
Foto: gardenvisit.com
Taman Agdal

REPUBLIKA.CO.ID, Pada saat itu,  di bawah pemerintahan Ali bin Yusuf  ( berkuasa 1107-1142). Waduk terbesar bernama al-Manzeh, memiliki luas 205 x 180 m. Arsitektur waduk dan teras perimeter pada taman ini didesain oleh Abu Yaqub Yusuf. Model waduk ini kemudian dipakai untuk cekungan yang sama di Rabat (1171) dan Sevila (1171).

Tidak jauh dari Waduk al-Manzeh terdapat sebuah paviliun yang dikenal dengan nama Dar al-Hana. Bangunan terbuka yang berukuran 8 x 30 meter itu berfungsi sebagai loggia (semacam saung), tempat Sultan menghibur tamu-tamunya dengan pemandangan hamparan air di cekungan. Dar al Hana juga digunakan oleh Sultan untuk mengamati kegiatan pelatihan militer yang sering dilakukan di waduk al-Manzeh, termasuk renang dan berperahu.

Waduk kedua dinamakan Waduk Gharssya Agdal. Cekungan ini berukuran lebih kecil dibandingkan waduk al-Manzeh, yaitu hanya 200 x 150 meter. Sebuah pulau persegi dengan panjang sisi 16 m eter itu dibangun di tengah danau buatan. Di tengah ‘pulau’ tersebut berdiri sebuah paviliun kecil dengan ukuran 12 meter  pada setiap sisi.

Paviliun itu berfungsi sebagai tempat hiburan dan dapat dijangkau dengan menggunakan perahu kecil untuk menyeberangi waduk. Karena berada di tempat yang lebih tinggi, seseorang dapat melihat pemandangan bagian atas pepohonan yang spektakuler dari waduk tersebut.

Karya arsitektur penting lain di dalam Taman Agdal adalah Dar al-Baida, yaitu istana cadangan yang digunakan oleh keluarga kerajaan Alawi ketika mereka berkunjung ke Marrakech. Arsitektur istana ini relatif sederhana namun didekorasi dengan indah dan terawatt.  Tempat itu juga berfungsi sebagai kediaman keluarga kerajaan.

 

Istana yang berukuran 120 x 142 meter itu berjarak 330 meter dari tepi barat Taman Agdal. Sedangkan dari tepi utara, istana ini berjarak sekitar 870 m.  Sehingga, posisi Istana Dar al-Baida  terletak di barat laut kuadran taman.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement