Sabtu 16 Jun 2012 12:29 WIB

Dr Faizah Ali Sibromalisi: Islam tak Mengenal Konsep Gender (3)

Rep: Devi Anggraini Oktavika/ Red: Heri Ruslan
Dr Faizah Ali Sibromalisi
Foto: Republika/Agung
Dr Faizah Ali Sibromalisi

REPUBLIKA.CO.ID, Jika memang laki-laki dan perempuan disetarakan oleh Alquran, lalu apa yang membedakan keduanya?

Keduanya dibedakan oleh fungsi masing-masing. Dan fungsi itu berkaitan dengan apa yang kita kenal dengan istilah kodrat, atau fithrah dalam bahasa Arab. Coba lihat surah An-Nisa’ ayat 19 yang mengatur bagaimana suami harus memperlakukan istrinya dengan cara-cara yang baik.

Berbeda dengan gender, kodrat berkaitan dengan fisik. Secara kodrat, tidak bisa tidak, perempuan berbeda dari laki-laki, begitu pula sebaliknya. Struktur otak laki-laki, misalnya, terbukti berbeda dengan milik perempuan. Kekuatan fisik, kestabilan emosi, hormon, merupakan contoh perbedaan lainnya.

Masih tentang fungsi laki-laki dan perempuan, pada ayat 34 di surah yang sama disebutkan, Arrijaalu qowwamuuna ‘alannisaa’ yang berarti laki-laki adalah pemimpin perempuan. Sebagai imam keluarga, laki-laki harus memberdayakan dan memberikan perlindungan bagi istrinya. Nah dari fungsi tersebut kemudian lahir yang namanya hak dan kewajiban suami maupun istri.

Maka, kewajiban istri juga tidak dapat dilepaskan dari kodratnya sebagai perempuan. Islam tidak pernah membatasi peran perempuan di masyarakat selama ia tidak melalaikan tugasnya sebagai pendidik. Itu karena ibu adalah madrasah (sekolah) pertama yang mengajarkan kedisplinan, ketahanan mental, dan akhlak kepada anak-anaknya, serta mengontrol pendidikan formal mereka di sekolah.

Karena itulah perempuan pun tidak luput dari perintah menuntut ilmu, karena pendidikan akan meningkatkan kualitas perempuan. Pepatah Arab mengatakan, faaqidusysyai’i laa yu’thi (orang yang tidak memiliki apa-apa tidak akan bisa memberi).

Islam tidak mengabaikan tugas dan fungsi kodrati perempuan. Sehingga dengan jelas dapat kita lihat di sini, konsep gender tidak sama dengan konsep hubungan antara laki-laki dan perempuan dalam Islam.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement