Sabtu 16 Jun 2012 06:04 WIB

Kepulauan Riau Raih Juara III MTQ Nasional

MTQ XXIV tingkat nasional di Ambon, Maluku.
Foto: Embong Salampessy/Antara
MTQ XXIV tingkat nasional di Ambon, Maluku.

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNGPINANG -- Kafilah Provinsi Kepulauan Riau meraih juara III dalam Musabaqah Tilawatil Al Quran XXIV tingkat nasional setelah DKI Jakarta dan Banten.

"Alhamdulillah, kafilah dari Provinsi Kepulauan Riau berhasil meraih peringkat III nasional setelah pada MTQ XXIII di Bengkulu meraih peringkat empat," kata Kepala Bagian Keagamaan Biro Kesra Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Mahadi Rahman, per telepon dari Tanjungpinang, Sabtu.

Menurut Mahadi, posisi ketiga itu dicapai setelah kafilah Provinsi Kepri berhasil menjadi juara pertama hingga ketiga pada 12 kategori dari 42 kategori lomba yang dipertandingkan.

"Kepri meraih juara I tilawah anak-anak putri, juara I tartil anak-anak putri, juara I tafsir Bahasa Indonesia putri, Juara I kategori tunanetra putra dan putri dan juara I qiraat putri," katanya.

Selain itu, juara II tilawah anak-anak putra, juara II tartil anak-anak putra, juara II tafsir Bahasa Indonesia putra, juara II hafiz Al Quran lima juz tilawah putra, juara III hafiz Al Quran 30 juz putra dan juara II tafsir Bahasa Arab putri.

Mahadi mengatakan, prestasi itu merupakan berkat kerja keras semua pihak dan doa masyarakat Kepri.

"Kunci kesuksesan ini adalah berkat kerja keras dan kebersamaan serta doa masyarakat Kepri," ujarnya.

Provinsi Kepri mengikuti MTQ Nasional pertama kalinya pada 2006 di Kendari dan menempati rangking delapan, kemudian pada MTQ Nasional ke XXII di Banten pada 2008 menempati peringkat ketujuh.

Selanjutnya, MTQ Nasional ke XXIII di Bengkulu naik ke peringkat IV dan pada MTQ Nasional XXIV Ambon berhasil masuk tiga besar setelah DKI Jakarta dan Banten.

"Kepada para pemenang akan diberikan penghargaan berupa uang pembinaan, semoga nilainya bisa lebih meningkat dari dua tahun lalu yaitu sebesar Rp50 juta untuk juara pertama, Rp30 juta untuk peraih juara kedua dan Rp25 juta untuk peraih juara ketiga," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement