Sabtu 16 Jun 2012 05:47 WIB

Mengajak Santri Mengenal Bisnis Toko Online

Rep: riga nurul iman/ Red: Heri Ruslan
Pelatihan Santri Indigo di Pondok Pesantren Al-Muhajirin Purwakarta Jawa Barat
Pelatihan Santri Indigo di Pondok Pesantren Al-Muhajirin Purwakarta Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, Suasana Ponpes Al Ittihad di Jalan Cianjur-Bandung Km 3 Bojong, Kecamatan Karang Tengah, Kabupaten Cianjur, Kamis (14/6) dan Jumat (15/6) tampak berbeda. Di pesantren terbesar di Cianjur ini selama dua hari digelar pelatihan Santri Indigo yang digelar Republika dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk.

Tema pelatihan yang diusung cukup menarik dan menantang yakni Internet Business Inspiration. Pengajar yang dihadirkan juga berasal dari kalangan profesional dan menguasai bidangnya. Hal ini tak heran menyedot perhatian seratus peserta pelatihan yang berasal dari berbagai ponpes se-Kabupaten Cianjur.

Salah satu pengajar yang hadir misalnya Chief Executive Officer Gantibaju.com, Aria Rajasa yang mengisi pada hari kedua pelatihan. Gantibaju.com adalah website creative clothing line yang menggabungkan clothing line, e-commerce, dan kontes desain kaos. Sejak berdiri hingga sekarang gantibaju.com telah mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri.

Dalam kesempatan tersebut Aria mengungkapkan, pengalamannya dalam merintis usaha di media online. Sebelum membuka usaha online, Aria pernah bekerja di Bank Dunia dan sejumlah perusahaan yang berhubungan dengan teknologi komputer.

Aria baru memutuskan masuk ke dalam bisnis internet sejak 2009 lalu. Pilihanya terjun ke bidang bisnis online khususnya desain kaos ini didukung fakta mulai banyaknya masyarakat yang memanfaatkan media internet untuk berbelanja.

Dari data Kaskus yang dikutip Aria Rajasa menyebutkan, bidang fashion menempati rangking pertama dalam forum jual beli (FJB) Kaskus atau sekitar 50 persen lebih. Bidang lainnya seperti DVD, komputer, dan handphone masih berada di bawah bidang fashion.

Selain untuk bisnis, kehadiran gantibaju.com punya misi yang lain.‘’Gantibaju.com merupakan wadah bagi para desainer dalam mengekpresikan karyanya,’’ ujar Aria di hadapan para santri. Hingga kini sudah ada sekitar 29 ribu desainer yang tergabung dalam gantibaju.com.

Hal ini diwujudkan dengan menerima kiriman desain kaos dari setia desainer. Di setiap bulannya dipilih desain kaos terbaik yang diberikan penghargaan berupa uang tunai dan royalti sebesar 10 persen.

Uniknya, setiap desain kaos yang dikirim harus bernuasa Indonesia. ‘’Kita harus membangkitkan semangat mencintai bangsa,’’ cetus dia, yang mendapat penghargaan dalam bidang Fashion di London, Inggris .

Respon masyarakat terhadap hasil karya anak bangsa berupa kaos ini cukup besar. Pada awal pembukaan website saja, sebanyak 700 kaos dipesan secara online.

 

Selepas memberikan materi, banyak santri yang antusias untuk bertanya. Salah satunya menanyakan keamanan dalam bertransaksi di media online. Aria mengatakan, gantibaju.com berupaya memberikan layanan terbaik kepada pelanggan dengan mengutamakan kepuasan.

Transaksi jual beli online di Indonesia biasanya dengan mengirimkan uang lebih dahulu, baru konsumen mendapatkan barang yang dipesannya. Sebagian santri pun meminta agar desain kaos pun menggambarkan kebanggan terhadap kalangan santri di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement