Senin 02 Apr 2012 16:58 WIB

OKI Kembangkan Jaringan Pendidikan dan Penelitian Antarnegara Islam

Rep: agung sasongko/ Red: Taufik Rachman

REPUBLIKA.CO.ID,KAIRO--Kemampuan dan bakat pemuda muslim di seluruh dunia belum ditopang sistem jaringan pendidikan dan penelitian yang terintegrasi. Padahal, dengan adanya integrasi itu diharapkan dapat menopang kemajuan dalam dunia Islam.

Memandang hal ini, Organisasi Konferensi Islam (OKI) segera menyepakati pembentukan jaringan pendidikan dan penelitian antar negara Islam dalam konferensi Internasional Telekomunikasi. Sebelumnya, kesepakatan pendahuluan telah ditandatangani oleh Mesir, Iran, Kazakstan, Malaysia, Maroko, Nigeria, Pakistan, Senegal, Sudan dan Turki pada pertemuan Kordinasi Riset dan Pendidikan Nasional di Rabat, Maroko, 19-20 Maret silam.

"Dengan pembentukan jaringan ini, harapannya kian mudah menerjemahkan inisiatif guna mengembangkan ilmu dan pengetahuan di dunia Islam," ungkap Dekan Universitas Islam Internasional Malaysia, Hassanudden Abd Aziz seperti dikutip onislam.net, Senin (2/4).

Menurut Aziz, nantinya jariangan ini akan menjalani beragam proyek seperti teknologi, pusat pendidikan, universitas online dan akademi virtual. Para ahli mengatakan penerapan proyek-proyek ini akan mengubah dunia Islam menjadi pusat teknologi besar.

"Energi di wilayah ini membuktikan transformasi dunia Islam menjadi pusat teknologi besar dan kekuatan unggulan dalam industri Teknologi Informasi dan Komputer secara global," kata Hamadoun Touré, Sekretaris Jenderal Uni Telekomunikasi Internasional. "Saya optimistis dalam 10 tahun mendatang, sektor TIK akan membawa dunia Islam menjadi kawasan utama pencetak bakat muda dalam bidang TIK," kata dia.

Mohammed Kuchari, profesor mikrobiologi, Universitas King Abdulaziz di Jeddah, Arab Saudi, menilai inisiatif ini, jika benar diterapkan, akan memberikan manfaat berupa akses luas masyarakat dunia Islam terhadap pendidikan tinggi," katanya. "Jaringan ini juga memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan transfer teknologi di seluruh dunia Islam," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement