Senin 13 Feb 2012 23:40 WIB

Hip-Hop dan Islam dapat Seiring Sejalan

Rep: Agung Sasongko/ Red: Chairul Akhmad
Todd Tariq Snare, the drummer (file).
Foto: flickr.com
Todd Tariq Snare, the drummer (file).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Tak sedikit yang melihat musik Hip-hop dan Islam merupakan dua kutub berbeda. Hip-Hop kerap diidentikan dengan banyak hal negatif seperti minuman keras, narkotika dan perempuan seksi, sedangkan Islam berusaha mengajarkan umatnya untuk menjalani kehidupan yang positif.

 

Salah seorang anggota kelompok musik Hip-Hop AS, Native Deen, Todd Tariq Snare, mengatakan keliru menyebut musik Hip-Hop identik dengan hal negatif. Sebab, awal mula musik Hip-Hop berkembang berkaitkan dengan ketiadaan medium ekspresi suara-suara yang tidak didengar.

 

"Nah, ketika Hip-Hop berkembang, mereka yang menyanyi Hip-Hop tidak melatunkan lagu yang mengajak pendengarnya melakukan kekerasan, mengajak pesta narkoba atau lainnya, tapi benar-benar untuk medium ekspresi. Medium yang membawa setiap orang untuk 'having fun'," kata Tood saat bersilaturahim ke Harian Republika, Senin (13/2).

 

Sebagai contoh saja, lanjutnya, Will Smith. Will merupakan contoh betapa musik Hip-Hop jauh dari kesan negatif. Sebelum sukses seperti sekarang, Will merupakan musisi Hip-Hop. Kini, ia seorang yang sukses menjalani aktivitasnya di dunia film. "Ia dan keluarganya begitu menginspirasi," ungkap Tariq yang memeluk Islam sejak delapan tahun lalu.

 

Berkaitan dengan Islam, kata Tariq, agama ini banyak disalahpahami oleh banyak orang di seluruh dunia. Banyak orang menganggap seorang Muslim adalah teroris. "Melalui Hip-Hop, kami coba memberikan pemahaman yang benar tentang Islam. Jadi, apakah Hip-Hop bertentangan dengan Islam," pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement