Sabtu 31 Dec 2011 07:42 WIB

Pesantren Pariwisata Dibangun di Babel

Cuplikan adegan Laskar Pelangi dengan seting Bangka Belitung
Foto: Istimewa
Cuplikan adegan Laskar Pelangi dengan seting Bangka Belitung

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Pondok pesantren berbasis pariwisata, Al Hikmah III, didirikan di Desa Sungai Daeng, Muntok, Bangka Belitung. Kehadiran pesantren pariwisata ini dimaksudkan untuk ikut menyiapkan tenaga terampil bidang pariwisata di daerah itu.

Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hikmah, KH Harun Al Rosyid, mengatakan upaya merintis berdirinya ponpes berbasis pariwisata di Muntok masih terkendala dana. Namun demikian, pihaknya tetap menyiapkan tenaga terampil pariwisata.

"Sejumlah pihak di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memang cukup responsif dan mendukung rencana kami merintis pembangunan ponpes pariwisata di wilayah setempat. Apalagi, rencananya juga akan didirikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pariwisata," katanya di Yogyakarta.

Pesantren Al Hikmah berpusat di Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dalam pernyataannya, KH Harus mengatakan pesantren Al Hikmah III yang merupakan cabang Ponpes Al Hikmah Karangmojo tersebut kini masih dalam proses pembangunan. Untuk mewujudkan ponpes berbasis pariwisata ini, pihaknya masih memerlukan uluran tangan umat Islam di Indonesia guna memberikan bantuan dalam bentuk apa saja.

Al Hikmah mendatangkan beberapa ustadz yang mempunyai latar belakang pendidikan S1 dan sudah berpengalaman membantu mengawasi pembangunan serta pengembangan ponpes di Muntok. KH Harun mengatakan pembangunan ponpes berbasis pariwisata ini juga bertujuan membantu mengembangkan pariwisata di daerah setempat.

"Selain mengembangkan pariwisata, upaya mendirikan ponpes tersebut juga dimaksudkan untuk mengantisipasi ekses pariwisata. Sehingga, nantinya tercipta pariwisata yang lebih baik," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement