Sabtu 03 Dec 2011 08:00 WIB

Cape Town Ubah Nama Jalan, Komunitas Muslim Diabaikan

Rep: Agung Sasongko/ Red: Didi Purwadi
Cape Town
Foto: AP
Cape Town

REPUBLIKA.CO.ID, CAPE TOWN - Sejumlah jalan di Cape Town, Afrika Selatan, akan mengalami pergantian nama. Sayangnya, perubahan nama itu seolah mengabaikan sumbangsih komunitas Muslim terhadap kota Cape Town dan Afrika Selatan.

 

Ketua Kongres Muslim Cape Town, Yagyah Adams, mengatakan komunitas Muslim seharusnya dilibatkan dalam pemberian nama baru jalan-jalan di Cape Town. Sebab, komunitas Muslim merupakan bagian dari kota ini selama lebih dari 300 tahun.

 

"Sebagai minoritas, saya seolah terbiasa dengan kenyataan bahwa budaya komunitas Muslim terabaikan,'' kata dia seperti dikutip iol.co.za, Jum'at (2/12).

 

Dia juga mempertanyakan mengapa tidak ada ikon budaya yang masuk dalam perubahan itu.

"Apakah Hard Dullah Omar mungkin layak melewati Pinelands? Robert Sobukwe menggantikan jalan Modderdam Road di Parow Industria,'' ujarnya. ''Saya kira ia perlu mendapat kehormatan untuk diabadikan dalam sebuah jalan. Sekalipun jalan yang berada di kawasan industri itu lebih baik daripada tidak."

 

Yagyah mengaku tidak memiliki muatan tertentu untuk menyuarakan aspirasi komunitas Muslim. Ia bahkan menginginkan agar komunitas Muslim minimal untuk dilibatkan dalam diskusi yang menyangkut kepentingan persatuan.

 

Anggota Dewan kota Cape Town , Tony Ehrenreich --berasal dari partai berkuasa ANC, juga mengkritik kebijakan walikota Patricia de Lille. Menurutnya, kebijakan yang tak ubahnya seperti zaman apartheid. "Masalahnya adalah kebijakan ini seperti sirkus," kata dia.

 

Berikut nama-nama yang akan menggantikan nama jalan sebelumnya :

* Jalan Dr Christiaan Barnard Neethling. Neethling merupakan sosok dibalik kesuksesan operasi transplantasi jantung pertama pada 3 Desember 1967.

 

* Jalan David Poole: David Poole memainkan peranan penting dalam membangun seni dan budaya di Cape Town. Dia adalah seorang penari balet dan koreografer yang diakui secara internasional.

 

* Jalan Anton Fransch : Anton Fransch adalah seorang komandan pasukan di Umkhonto, Sizwe. Dia dibunuh pada 17 November 1989 di Cape Town.

 

* Jalan Jacobs Ishak: Ishak Jacobs adalah salah satu anggota pendiri Liga Friends of the Blind (Lofob).

 

* Dulcie September Drive: Dulcie September adalah aktivis ANC yang ditahan oleh rezim apartheid dan dibunuh di luar negeri.

 

* Jalan Imam Haron: Imam Haron adalah seorang ulama Muslim yang berdiri melawan rezim apartheid dan meninggal dalam tahanan. Nama imam masih bersifat sementara.

 

* Pendeta Theo Kotze: Kotze meminta jemaatnya untuk menentang apartheid pada tahun 1968. Dia adalah seorang teolog pembebasan dan direktur Institut Kristen yang dilarang aktivitasnya oleh rezim Apartheid.

 

* Jalan Jeff Masemola Drive: Jeff Masemola adalah pejuang anti rasial Afrika Selatan.

 

* Jalan David Rabkin : David Rabkin adalah seorang aktivis mahasiswa pada masa Apartheid

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement