Ahad 06 Nov 2011 08:45 WIB

Kurban Pesan Moral Anak Taat Orang Tua

Shalat Id (Ilustrasi)
Foto: Trijaya FM
Shalat Id (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,MATARAM - Khatib Idul Adha 1431 Hijriyah, Drs. H Badrun, M.Pd, mengatakan Hari Raya Kurban mengandung pesan moral bagi anak-anak agar taat kepada orang tua.

"Nilai-nilai kisah pengorbanan Nabi Ibrahim dan putranyanya Nabi Ismail harus diperluas maknanya. Nilai itu tidak hanya dalam bentuk aktivitas penyembelihan hewan kurban, tapi lebih dari itu. Pesan yang harus sampai kepada kita adalah taat bakti seorang anak kepada orang tuanya yang sangat menakjubkan," katanya di Mataram, Ahad (6/11).

kisah pengorbanan Nabi Ibrahim beserta putranya Nabi Ismail pada dasarnya merupakan simbol yang mengandung nilai pelajaran bagi manusia. terutama kisah bagi kalangan anak-anak.

Namun, kata Badrun, fakta yang terjadi saat ini sungguh sangat menyedihkan dan memilukan karena banyak anak hendak melaporkan dan memejahijaukan orang tuanya dengan alasan melanggar Hak Asasi Manusia (HAM). "Na'uzubillah summa na'uzzubillah. Perbuatan anak melawan orang tua di zaman kemajuan teknologi sekarang ini sungguh memprihatinkan," ujarnya.

Ia juga sangat prihatin dengan fenomena amoral di zaman kemajuan informasi dan teknologi dianggap sebuah pemandangan biasa. Kondisi pergaulan para kaum remaja sudah jauh dari nilai-nilai agama Islam.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement