Kamis 03 Nov 2011 23:35 WIB

Hasyim Muzadi: Manfaatkan Wukuf untuk Intropeksi Diri

Hasyim Muzadi
Hasyim Muzadi

REPUBLIKA.CO.ID,MAKKAH--Wukuf di Arafah hendaknya dijadikan introspeksi diri dan mohon ampun atas dosa yang diperbuat sehingga saat kembali ke Tanah Air memiliki jiwa bersih, kata Naib Amirul Haj KH Hasyim Muzadi."Persiapkan kedatangan saat wukuf dengan persiapan lahir dan bathin bersih untuk melakukan tobat karena di situ Allah akan mengampuni dosa-dosa yang kita perbuat," kata Hasyim di Mekah, Kamis.

Pesan tersebut disampaikan Hasyim yang juga mantan ketua umum PBNU saat menjelang keberangkatan jamaah calon haji Indonesia yang jumlahnya mencapai 200 ribu orang lebih menuju Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armina), Jumat (4/11).

Dia mengatakan di Arafah saat melakukan wukuf jamaah hendaknya melakukan kegiatan ibadah seperti zikir, membaca Al Quran, berdoa, sholat, dan jangan terlalu banyak bersendagurau dan ngobrol yang tidak perlu.

Di situ, kata Hasyim, jamaah agar menyerahkan diri kepada Allah agar segala dosa-dosanya diampuni dan berdoa seikhlas-iklasnya agar dapat membawa ketengan hati dan untuk kebaikan diri sendiri."Saat kita membersihkan diri dengan berdoa dan monon ampunan dari Allah maka jiwa kita diharapkan bisa bersih dan akan menjadi tameng jika kita akan melakukan perbuatan tidak baik," katanya.

Wukuf di Arafah memiliki kegiatan yang sangat penting karena disitulah jamaah menjalankan rukun haji.Begitu pentingnya jamaah calon haji berada di Arafah untuk rukun, sehingga jamah yang sakit dalam kondisi pun harus beerada di tempat itu sekalipun menggunakan ambulans.

Hasyim mengatakan, dengan jiwa yang bersih diharapkan jamaah haji Indonesia saat pulang ke Tanah Air bisa menjadi mabrur dan meninggalkan segala hal yang dilarang.

Dikatakan pula dalam pelaksanaan ibadah haji tahun ini juga banyak diikuti oleh sejumlah pejabat tinggi baik di pusat dan daerah, sehingga wukuf ini juga bisa dimanfaatkan untuk introspeksi diri."Selama ini masih kurang ada suri teladan dari pejabat di Tanah Air dan diharapkan dengan menjadi haji bisa menjadi teladan bagi rakyatnya," katanya.

sumber : mch
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement