Ahad 30 Oct 2011 16:12 WIB

Di Pangkalpinang, Permintaan Busana Muslim Melonjak

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG - Permintaan aneka busana muslim dan perlengkapan sholat di sejumlah pasar dan swalayan Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, mulai meningkat mencapai 20 persen seiring persiapan menyambut Idul Adha 1432 Hijriah.

Sisil, pedagang pakaian di Pasar Pembangunan Pangkalpinang, Minggu, mengatakan seminggu menjelang Lebaran Qurban masyarakat mulai ramai yang membeli baju baru dan kebutuhan lebaran untuk keluarganya.

"Sudah menjadi tradisi bagi sebagian besar masyarakat untuk merayakan lebaran dengan serba baru, maka permintaan busana muslim, mukena, sarung, jilbab, peci dan lainnya meningkat tajam dari hari-hari biasanya," ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk saat ini permintaan busana muslimah yang paling digemari adalah gamis berbahan Turqish dan busana muslimah yang sering di pakai oleh artis-artis dan pemain sinetron religi yang ditayangkan di televisi.

"Para ibu-ibu banyak yang berminat untuk membeli busana muslimah yang dipakai para artis tersebut, karena sedang tren dan modelnya juga bagus-bagus, seperti baju ala Syahrini dan baju ala Khadijah dan lainya," ujarnya.

Selain itu, katanya, harga busana muslim tersebut juga sangat terjangkau oleh masyarakat Bangka, berkisar Rp 150.000 hingga Rp 250.000 per lembar. Ia mengatakan, demikian juga permintaan jilbab, mukena dan kain sarung ikut meningkat, karena dipersiapkan untuk dipakai saat berlebaran nanti.

"Untuk harganya juga bervariasi tergantung dari kwalitas kain dan modenya, seperti harga jilbab berkisar Rp 25.000 hingga Rp 65.000 per lembar, harga mukena berkisar Rp 95.000 hingga Rp 250.000 per lembar," ujarnya.

Sedangkan harga kain sarung berkisar Rp 45.000 hingga Rp 75.000 per lembar dan harga baju koko bagi kaum bapak dan remaja putra berkisar Rp 85.000 hingga Rp 300.000 per lembar. Ia menambahkan, selama Ramadhan omzet pedagang terus menunjukkan peningkatan yang cukup besar dari sebelumnya.

"Pendapatan bersih pedagang dari penjualan busana muslim dan perlengkapan sholat dalam satu hari bisa mencapai Rp 800.000 hingga bisa mencapai Rp 1 juta," ujarnya.

Menurut dia, diperkirakan permintaan busana muslim akan terus meningkat hingga menjelang lebaran Idul Fitri karena sebagian besar masyarakat Bangka adalah Islam. "Mudah-mudahan saja permintaan busana muslim dan perlengakapan sholat terus meningkat hingga lebaran nanti dan omzet pedagang juga diharapkan ikut meningkat," ujarnya.

Fitri, seorang pembeli, mengatakan, saya sengaja membeli busana muslim untuk lebaran karena harga masih murah jika dibeli mendekati lebaran harga biasanya akan naik. "Selain itu, saya melihat model busana muslim yang dijual bagus-bagus jadi saya sangat tertarik untuk membeli apalagi model baju yang pakai para artis dalam sinetron," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement