Ahad 09 Oct 2011 18:20 WIB

Hatta: Lembaga Pendidikan Islam Harus Lakukan Transformasi

Rep: Ahmad Reza Savitri/ Red: Chairul Akhmad
Menko Perekonomian Hatta Rajasa
Foto: Antara/Wildan Anjarbakti
Menko Perekonomian Hatta Rajasa

REPUBLIKA.CO.ID, PASURUAN – Islam merupakan agama yang mengisi kemerdekaan dan membawa kemandirian di Indonesia. Karena itu, lembaga pendidikan yang berbasis pada ke-islaman harus mempunyai peran dalam konteks pendidikan, pemberdayaan masyarakat, terutama perekonomian.

Demikian dikatakan Menteri Koordinator Perekonomia, Hatta Rajasa, di sela-sela acara Musayawarah Kerja Nasional (Mukernas) II, Pimpinan Pusat Persatuan Islam (PP Persis), Bangil, Pasuruan, Ahad (9/10).

 

Menurut Hatta, lembaga pendidikan seperti Pesantren, harus melakukan transformasi besar dalam menghadapi perubahan jaman.

Dalam Islam, kata dia, terdapat empat prinsip yang sejatinya dapat membawa perubahan, yakni prinsip ekonomi syariah, prinsip keadilan, kejujuran, dan prinsip keterbukaan. "Lembaga pendidikan Islam harus mengaplikasikan keempat prinsip tersebut," ujarnya.

Hatta mengatakan, globalisasi bukan merupakan ‘barang’ baru bagi Islam. Karena Islam lahir di Indonesia dari produk globalisasi, yakni melalui pedagang dari Arab yang masuk ke Indonesia. Tetapi, Islam harus memaknai globalisasi berdasarkan empat prinsip tadi.

Dalam konsep Islam, lanjut Hatta, konsep kepemilikan menjadi dasar utama memandang ekonomi syariah. Ia mencontohkan sumber daya alam yang seharusnya menjadi milik bangsa. "Jadi, akses masyarakat untuk mendapatkan kesejaheteraan dari sumber daya tersebut dapat termudahkan," katanya.

Hatta mengatakan, ekonomi tidak dapat dibangun dengan menggunakan prinsip neo-liberalisme. Karena prinsip tersebut tidak dapat melahirkan konsep keadilan. Pasar bebas tidak cocok dengan budaya Indonesia. Pasalnya, prinsip tersebut tidak dapat mengontrol keserakahan. Saat ini, Indonesia butuh akan pasar sosial yang berkonsep pada keadilan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement