Sabtu 01 Oct 2011 21:22 WIB

Calon Jamaah Pertama asal Turki Tiba di Jeddah

Rep: Roshma Widiyani/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

REPUBLIKA.CO.ID, JEDAH - Calon jamaah haji asal Turki merupakan rombongan pertama yang tiba di Jeddah melalui udara. Rombongan ini mendarat di bandara internasional Prince Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah pada Kamis (30/09) waktu setempat.

Jamaah yang ikut serta kurang lebih 300 orang. Rombongan ini disusul kedatangan jamaah kloter pertama asal Thailand pada akhir pekan kurang lebih 284 orang.

Menurut direktur dari Kementerian Haji cabang Madinah, Muhammad bin Abdul Rahman Al-Bijawi, Turki mengirim 51 kloter dengan total 15.000 jamah haji.

Sedangkan maskapai Thailand, The Thai International Airways, mengoperasikan 24 penerbangan haji. Sebanyak 13.000 jamaah asal Thailand akan mengikuti ibadah haji tahun ini. 

Muhammad mengatakan tahun ini diperkirakan 500.000 jamaah akan tiba melalui udara. Sedangkan sebanyak 400.000 jamaah datang dengan bus dari Jeddah dan Mekah. Untuk negara tetangga (negara teluk) diperkirakan akan datang 80.000 jamaah melalui jalur darat.

Kedatangan rombongan jamaah haji pertama asal Afrika adalah pada Rabu (29/09) waktu setempat. Rombongan ini mengangkut kurang lebih 184 jamaah asal Afrika Selatan. Mereka disambut pengawas dari komite penerimaan jamaah haji non –Arab Afrika Tawafa Establishment, Hani bin Hashim Nasser, di bandara King Abdul Aziz.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement