Ahad 11 Sep 2011 14:27 WIB

Umat Islam Diminta Pelihara Toleransi Kerukunan Beragama

REPUBLIKA.CO.ID, BIAK - Bupati Biak Numfor, Papua Yusuf Melianus Maryen meminta umat Islam di wilayah itu senantiasa memelihara toleransi kerukunan hidup beragama yang telah berjalan baik selama ini.

"Menjaga hubungan persaudaraan sesama manusia sebagai perwujudan nilai keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa," kata Bupati di depan seribuan umat Islam pada perayaan halal bihalal dan tablik akbar 1432 Hijriyah di masjid Agung Baiturahman Biak, Ahad (11/9).

Bupati Biak Numfor Yusuf Melianus Maryen mengajak umat Islam untuk mengamalkan nilai ajaran ibadah puasa Ramadhan 1432 Hijriyah dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Sesuai hakekat ibadah puasa, lanjut Bupati Maryen, bagi umat Islam yang menjalankan ibadah puasa dengan dorongan iman dan ikhlas akan diampuni dosanya serta menjadi manusia yang fitrah.

Sementara itu, pimpinan pusat DDI Ambo Dalle Makassar, Prof Dr Farid Wajdi MA meminta umat Islam selalu menjaga hubungan persaudaraan dengan sesama umat manusia sebagai wujud kecintaan dan pengamalan ajaran keislaman di tengah masyarakat.

Ketua Panitia Hari Besar Islam, Andi Firman Madjadi mengakui, perayaan halal bihalal dan tablik akbar dilaksanakan kerjasama PHBI, pengurus masjid agung dan Badan kontak majelis taklim berlangsung lancar hingga selesai.

Kegiatan halal bihalal dan tablik akbar, menurut Ketua PHBI Andi Firman, bertujuan untuk memperarat hubungan silaturahmi antara umat Islam dengan pemerintah dan TNI/Polri di kabupaten Biak Numfor diakhiri dengan acara bermaaf-maafan.

Hingga Ahad pukul 13.00 WIT aktivitas warga Biak sekitarnya tampak normal seperti biasanya meski terlihat sepi pada beberapa ruas jalan di Biak.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement