Jumat 02 Sep 2011 16:23 WIB

Ditinggal Mudik, Jama'ah Masjid Jakarta Berkurang 50 Persen

Rep: C20/ Red: Didi Purwadi
Masjid Al Azhar
Foto: Republika/Bambang Banguntopo
Masjid Al Azhar

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Ditinggal mudik sebagian besar pengghuni Jakarta, jama'ah masjid di Jakarta cenderung berkurang. Dari pantauan Republika saat sholat Jum'at (1/9), Masjid Al Falah di Mampang Prapatan tidak penuh. Jama'ah hanya mengisi satu ruang di lantai utama sholat, yaitu lantai 2. Itupun tidak sampai penuh.

Di lain tempat, masjid Asmaul Husna di daerah Tangerang juga mengalami penurunan jama'ah. Menurut salah seorang jama'ah, Sutarno (29th), penurunan jama'ah sholat Jum'at mencapai setengah dari biasanya.

"Masih sepi, penurunannya hingga setengah dari hari biasanya," terang pria yang dipanggi Nano pada Republika. "Mungkin ini akibat pemudik yang belum kembali ke Jakarta.''

Sementara itu, berkurangnya jama'ah sholat Jum'at juga terjadi di masjdi Agung Al Azhar. Aula bawah yang hari biasa digunakan untuk sholat Jum'at, hari ini hanya menggunakan aula atas saja. Takmir Masjid Al Azhar, Hartono, mengungkapkan bahwa pihaknya hanya menggunakan aula atas karena masih banyak jamaahnya yang berada di luar kota.

"Yang mudik belum kembali ke Jakarta. Kemungkinan yang ramai malah masjid di sepanjang jalur mudik," terangnya pada Republika. Hartono menambahkan kebanyakan masjid di Jakarta memang masih sepi.  Masih banyak jamaah yang berada di perjalanan dan di luar kota. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement