Rabu 27 Jul 2011 20:13 WIB

Dana Belum Cair, Pembuatan Paspor Haji Ditunda

Paspor Haji
Paspor Haji

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Penyelesaian paspor untuk 300 lebih jamaah calon haji asal Kabupaten Kerinci tertunda, karena harus menunggu cairnya dana lewat penetapan biaya perjalanan ibadah haji.

Kabid Urusan Haji Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi, Herman di Jambi, Rabu mengatakan, pihaknya akan mengusahakan dana talangan untuk menyelesaikan 300 lebih paspor jamaah calon haji (calhaj) Kabupoaten Kerinci.

"Kendati biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) sudah ditetapkan, namun peraturan presiden (Perpresnya) belum turun, sehingga untuk proses penyelesaian paspor JCH kabupaten kerinci tertunda," katanya.

Proses penyelsaian paspor haji untuk calhaj asal Kabupaten Kerinci diberlakukan berbeda dengan kota dan kabupaten lainnya, yakni petugas dan perangkat didatangkan daerah asal calon jemaah, karena jarak dan waktu tempuh cukup jauh mencapai 12 jam.

Biaya mendatangkan perangkat, serta biaya penginapan dan akomodasi lainnya untuk petugas imigrasi membutuhkan dana segar, dan itu belum bisa dicairkan lewat BPIH. "Untuk mitu kita mencari dana talangan supaya penyelesaian paspor unuk JCH asal Kabupaten Kerinci segera bisa dituntaskan menjelang puasa,"' katanya.

Dalam keterangan terpisah Kepala Kantor Imigrasi Jambi, Mat Salim mengatakan, iihak Imigrasi Jambi melakukan langkah jemput bola atau mendatangi langsung kabupaten asal jemaah calon haji di kabupaten Kerincih yang berada di wilayah paling barat Provinsi Jambi.

"Kabupaten Kerinci merupakan daerah paling barat Provinsi Jambi yang waktu dan jarak tempuhnya di atas 12 jam menggunakan transportasi darat," katanya.

Untuk meringkankan biaya, serta tetap menjaga kesehatan calhaj yang sebagian besar berusia lanjut pihaknya pada musim haji 2012 megambil kebijakan jemput bola mendatangi daerah asal calon haji tersebut.

Dijadwalkan secepatnya petugas dan perangkat penerbitan paspor akan dikerahkan atau dikirim ke Kabupaten Kerinci supaya proses penyelesaian dokumen antar negara itu bisa dilakukan.

Kantor Imigrasi Jambi melayani penerbitan paspor untuk calon haji dua kota dan sembilan kabupaten berjumlah sekitar 2200 lebih paspor.

Penerbitan paspor bagi JCH Kota Jambi dan enam kabupaten lainnya atau hampir 2.000 paspor sudah selesai dan diserahkan ke Kantor Kanwil Agama setempat.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement