Kamis 21 Jul 2011 18:31 WIB

Museum Inggris Gelar Pameran Haji Terbesar di Dunia

Rep: Agung Sasongko/ Red: Krisman Purwoko
Ibadah haji
Ibadah haji

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON--Awal tahun 2012 museum Inggris bakal menggelar pameran haji terbesar di dunia. Pameran itu mengeketengahkan manuskrip, buku harian, foto-foto bersejarah, dan hasil karya seniman kontemporer Islam seperti Mater Ahmed dan Shadia Alem.

Direktur Museum Inggris, Neil MacGregor mengatakan, haji merupakan salah satu ibadah dari keyakinan Muslim yang belum dipahami dengan baik oleh masarakat Inggris. Karena itu, penyelenggaraan pameran memiliki arti penting, mengingat ketidaktahuan itu acapkali menjadi masalah dalam integrasi komunitas Muslim ke dalam masyarakat Inggris. “Haji adalah fenomena budaya  yang perlu dipahami lebih baik,” papar dia seperti dikutip dari BBC, Kamis (21/7).

MacGregor menggambarkan haji sebagai momen tertinggi spiritual Muslim yang menyatukan mereka. "Sungguh indah,  karya seni tinggi telah dibuat untuk dikirim ke Mekah guna menemani mereka yang berhaji. Dan kita mendapatkan kesempatan untuk melihat dari dekat karya luar biasa itu,” ungkap dia. Pameran bertajuk Journey To The Heart Of Islam berlangsung 26 Januari-15 April.

sumber : bbc
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement