Kamis 31 Mar 2011 15:00 WIB

Santri Berprestasi DIY Peroleh Beasiswa

Rep: Yulianingsih/ Red: Siwi Tri Puji B
Para santri sedang berkumpul (Ilustrasi)
Foto: PERISAI.NET
Para santri sedang berkumpul (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kementrian Agama (Kemenag) Republik Indonesia melalui Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren tahun 2011 ini akan memberikan beasiswa bagi santri-santri pondok pesantren di Provinsi DIY yang berprestasi. Beasiswa ini disalurkan melalui Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB).

Menurut Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag DIY, Maskhul Haji, PBSB adalah sebuah program pemberian bantuan pembiayaan yang diperlukan bagi santri berprestasi. Yaitu santri yang telah dinyatakan lulus dan memenuhi syarat untuk menempuh jenjang pendidikan tinggi yang telah menjalin kerjasama dengan Kementerian Agama. "Yang memperoleh beasiswa ini adalah santri yang sudah diterima di perguruan tinggi mitra kementrian agama," paparnya, Kamis (31/3).

Perguruan Tinggi mitra Kementrian Agama tersebut kata dia, adalah IPB Bogor, ITB Bandung, ITS Surabaya, UGM Yogyakarta, UNAIR Surabaya, UPI Bandung, UNRAM Mataram, UI Jakarta, UIN Syahid Jakarta, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN MALIKI Malang, IAIN Sunan Ampel Surabaya dan IAIN Walisongo Semarang.

Sementara itu Kepala Bidang Pekapontren Kanwil Kementerian Agama Provinsi DIY, Muntachob mengatakan,  pendaftaran PBSB tahun 2011 akan dibuka secara resmi tanggal 1 hingga 23 April 2011. Kegiatan seleksi dilakukan di 29 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi se-Indonesia. Sedangkan untuk Provinsi DIY dilakukan di Kanwil Kementerian Agama Provinsi DIY.

"Untuk tahun 2011 Provinsi DIY memperoleh kuota seleksi sebanyak 150 santri," tambahnya. Informasi selengkapnya bisa dilihat melalui website http://www.ditpdpontren.com atau http://yogyakarta.kemenag.go.id.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement