Selasa 12 Oct 2010 23:34 WIB

40 Hari di Tanah Suci Makin Mudah, Semua Kebutuhan Jamaah Haji Bisa Dibeli

Jamaah calon haji Indonesia di atas bus menuju madinah.
Foto: Siwi Tri Puji/Republika
Jamaah calon haji Indonesia di atas bus menuju madinah.

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH--Tiba di Madinah, jamaah haji tidak perlu cemas. Bila lupa membawa Riyal ataupun keperluan yang dibutuhkan, di kawasan Masjid Nabawi semua bisa dibeli. Di sekitar masjid mulia itu, tersebar toko-toko yang menyediakan semua kebutuhan jamaah.

Hanya melangkah melewati gerbang masjid Nabawi, banyak toko yang menyediakan barang-barang kebutuhan mandi, seperti sabun mandi ataupun sabun cuci, sikat gigi, pasta gigi, sampai krim pelembab. Maka bila jamaah lupa membawa atau ketinggalan barang-barang kebutuhan mandi tidak usah bingung.

Soal harga tidak perlu khawatir, karena tidak beda jauh dengan harga di tanah air. Bahkan ada yang lebih murah seperti krem pelembab Krem 21 yang dipakai untuk melindungi kulit dan bibir agar tidak rusak akibat cuaca ekstrem.

Keperluan untuk ibadah seperti sajadah, mukena, tasbih, kitab suci Alquran pun ada. Sandal, kaos kaki, sepatu pun ada. Aneka makanan ringan, minuman hingga oleh-oleh seperti kurma atau kacang Arab sangat mudah bisa ditemukan. Bahkan erhiasan emas dari cincin, kalung, gelang juga dijual.

Dan tidak ketinggalan tentunya aneka kartu perdana nomor Arab Saudi, seperti Zain, STC dan Mobily pun dijual. Dengan nomor lokal ini, akan lebih hemat menghubungi keluarga di tanah air.

Bila jamaah tidak membawa uang riyal tinggal menukarkannya di tempat penukaran uang yang jaraknya juga tidak jauh dari masjid suci tersebut. Namun perlu diingat meski semua kebutuhan bisa dibeli, jamaah perlu berhemat. Bila tidak membawa uang berlebih jangan lapar mata karena uang yang dibekalkan pada jamaah hanya 1.500 riyal.

sumber : edia Center Haji Kementerian Agama RI
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement