Senin 20 Aug 2018 10:08 WIB

PKPU Human Initiative Bangun 50 Rumah Senyum di Lombok Utara

Mereka yang biasa tidur di pengungsian bisa istirahat di rumah senyum.

PKPU HI membangun rumah senyum di Tembobor, Lombok Utara.
Foto: Pkpu
PKPU HI membangun rumah senyum di Tembobor, Lombok Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK UTARA -- PKPU Human Initiative (HI) membangun 50 Rumah Senyum di Dusun Tembobor, Desa Sigar Penjalin, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara. Ketua Koordinator Lapangan PKPU HI Subur Rojinawi, dari Lombok Utara, Ahad (19/8) berharap keberadaan Rumah Senyum mampu membuat warga terdampak dapat merasakan kenyamanan.

"Tinggal di rumah senyum sambil menunggu rumahnya yang hancur terbangun kembali,"  ujarnya.  

Penerima manfaat Rumah Senyum diprioritaskan bagi warga terdampak lansia, ibu hamil,  serta ibu yang sedang menyusui. Penerima manfaat Rumah Senyum sebanyak 50 Kepala Keluarga (KK) di Dusun Tembobor ini. Mereka adalah warga yang tertimpa musibah gempa di RT 01 dan 02 saja.  

photo
PKPU HI membangun rumah senyum di Tembobor, Lombok Utara.

Kepala Dusun Tembobor Lalu Yahya Robi menyampaikan, warganya merasa senang dengan adanya bantuan pembangunan Rumah Senyum tersebut. "Masyarakat sangat senang, mendapatkan rumah senyum dari PKPU Human Initiative," ujarnya. 

Menurut dia, Rumah Senyum bisa dimanfaatkan untuk menjaga stamina fisik para warga yang menjadi korban gempa. Mereka yang biasa tidur di tenda-tenda pengungsian, kini dapat beristirahat di Rumah Senyum. 

Rumah Senyum dibangun dengan ukuran 3x5 meter persegi.  Terdiri dari ruang untuk kamar tidur  3x3 meter per segi dan ruang tamu seluas  2x3 meter per segi.  Sedangkan,  dapur terletak di luar, di samping ruang tamu. Rumah Senyum dibangun dengan bahan-bahan kayu kaso, terpal, balok, atap rumbia, pasir, semen dan paku.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement