Selasa 24 Mar 2015 19:48 WIB

Kopi gres! Hadirkan Kehangatan di Agrinex Expo 2015

Suasana di stand APU di acara Agrinex Aexpo 2015.
Foto: dok APU
Suasana di stand APU di acara Agrinex Aexpo 2015.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga pemerdayaan masyarakat Al Azhar Peduli Umat (APU) berkesempatan unjuk gigi dalam memeriahkan Agrinex Expo 2015 di Jakarta.

Melalui Gerakan Ekonomi Syariah (gres!) oleh Pusat Komunikasi Ekonomi Syariah (PKES) dan APU menampilkan program inspiratif “Sejuta Berdaya” dengan produk-produk pertanian binaan di desa-desa gemilang dan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Sejuta Berdaya.

Acara yang di helat di Jakarta Convention Center (JCC) pada Jum'at hingga Ahad (20-22/3) bertemakan "Membangun kedaulatan pangan dengan masyarakat yang cinta pangan nasional". Stand gres! bersama APU selalu ramai di kunjungi para pengunjung dari berbagai kalangan, mahasiswa, tentara, pegawai negeri juga swasta, pelaku bisnis serta petinggi pemerintahan.

Kehadiran suguhan Kopi gres! hasil dari pemberdayaan masyarakat Desa Pelakat, Kecamatan Semende Darat Ulu, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan menambah hangat suasana. Apalagi adanya camilan sehat ubi, pisang, singkong, kacang rebus juga sate jamur yang di datangkan langsung dari KSM Pelita Jampang Gemilang, Bogor dan Pesantren Riyadhul Jannah -- keduanya adalah merupakan binaan APU dalam program Sejuta Berdaya.

Suasana stand yang disetting sebagai mini educafe menambah nyamannya para pengunjung. Santai, terbuka, bersahaja, alami dan inspiratif adalah suasana yang dikesankan banyak pengunjung.

Selain itu, keberadaan tanaman cabe dan terong dalam polibag yang juga merupakan program penurunan angka belanja keluarga menjadi primadona para pengunjung. Banyak pengunjung yang ingin membeli tanaman cabe dan terong yang sengaja di datangkan dari KSM Pelita Jampang Gemilang. Sangat menginspirasi. Jadinya masyarakat ingin sekali punya tanaman sayuran di pekarangannya, sehingga untuk belanja cabe, terong dan sayuran lainnya bisa petik sendiri di pekarangan.

Program polibag tanaman sayuran ini dijalankan di seluruh program binaan APU baik di desa gemilang, KSM Sejuta Berdaya, pesantren dan komunitas lainnya di seluruh Indonesia sebagai upaya penurunan angka belanja keluarga, tahapan ketahanan pangan dan pelestarian lingkungan.

Agrinex Expo ke-9 ini didukung dan diselenggarakan Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Perindustrian, serta Kementerian Koperasi dan UKM. Dari pelaku usaha, dukungan penyelenggaraan juga datang dari Apindo dan Kadin Indonesia bidang UMKM juga LSM, GRES dan Yayasan Coop Indonesia.

Ismi Kushartanto, selaku Direktur Eksekutif PKES mengatakan, Agrinex Expo 2015 menampilkan wajah dan kemajuan agribisnis Indonesia. Animo masyarakat sangat tinggi juga dukungan serta harapan masyarakat untuk acara ini terus bisa dilanjutkan dalam upaya edukasi dan promosi agribisnis. Gres! akan terus mendukung Agrinex karena sesuai dengan salah satu program gres! yaitu Sejuta Berdaya yg tujuannya mewujudkan ketahanan dan kedaulatan pangan di tingkat keluarga guna mengurangi angka belanja keluarga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement