Selasa 20 May 2014 16:29 WIB

KPHI Minta Pelayanan Jamaah Haji Ditingkatkan

Rep: c67/ Red: M Akbar
Jamaah haji saat melaksanakan ritual tawaf di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi.
Foto: AP Photo/Amr Nabil
Jamaah haji saat melaksanakan ritual tawaf di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisioner Komisi Pengawas Haji Indonesia (KPHI), KH Syamsul Maarif, mengatakan pemerintah memiliki kewajiban untuk lebih meningkatkan pelayanan terhadap jamaah haji.

Syamsul mengatakan diantara pelayanan yang harus ditingkatkan oleh pemerintah adalah pembinaan jamaah. Ini perlu dilakukan agar kualitas calon jamaah haji bisa semakin meningkat.

''Seperti pembinaan manasik haji,'' kata Syamsul di Jakarta, Selasa (20/5).

Selanjutnya lagi, Syamsul meminta agar pemerintah dapat melakukan upaya untuk memperkuat mental calon jamaah haji. Selain itu, kata dia lagi, menyiapkan fisik calon jamaah haji juga perlu diperhatikan seriu oleh pemerintah.

Kemudian yang terpenting, kata Syamsul, adalah meningkatkan kualitas pelayanan secara menyeluruh. ''Khususnya pelayanan di Arab Saudi,'' kata dia.

Menurutnya, palayanan transportasi di Arab Saudi harus mencukupi kebutuhan calon jamaah haji.  Kemudian, perumahan calon jamaah haji, kata Kiai Syamsul, juga perlu ditingkatkan kualitasnya. Ia berpendapat, boleh tempat penginapan calon jamaah haji jauh asalkan kualitas penginapan bagus.

''Nah dalam proses seleksi calon jamaah haji, pemerintah harus selektif. Jangan ada lagi permainan oleh oknum tertentu dalam proses seleksi. Misalnya, titipan dari lembaga-lembaga tertentu,'' kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement