Ahad 26 Apr 2015 09:49 WIB

Awal Mula Berdirinya Masjid Umar di Yerusalem

Rep: c24/ Red: Agung Sasongko
 Salah satu grafiti yang ditulis pemukim Yahudi di Masjid Umar bin Al-Khatab, Palestina.
Foto: realcourage.org
Salah satu grafiti yang ditulis pemukim Yahudi di Masjid Umar bin Al-Khatab, Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kembalinya Yerusalem kepangkuan Islam tidak menyebabkan umat Muslim bersikap intoleran terhadap penganut agama lain. Ini dibuktikan dengan sikap kalifah Umat bin Khattab yang enggan shalat di gereja.

Sejarah mencatat, saat memasuki waktu shalat, Umar bertanya kepada Ka’ab al-Akhbar, seorang sahabat yang dulunya beragama Yahudi.

“Di mana bisa shalat?” Kaab menunjuk tempat sebelah Utara Karang Suci (Shakhrah) dengan maksud agar dapat menghadap Karang Suci dan sekaligus menghadap Ka’bah.

Tetapi Umar malah marah dan menganggap Kaab masih membawa-bawa kepercayaan agama lamanya. Umar lalu memilih tempat sebelah Selatan karang dan memerintahkan supaya di situ didirikan masjid sederhana.

Masjid inilah yang nantinya oleh al-Walid ibn Abd al-Malik dibangun kembali menjadi masjid megah di atas Shakhrah oleh ‘Abd al-Malik ibn Marwan dibangun kubah (Qubbat al-Sakhrah).

Sebagai monumen kemenangan Islam di tempat pusat agama Yahudi dan Kristen. Sampai sekarang bangunan tersebut masih merupakan landmark yang paling penting dari Yerusalem.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement