Kamis 13 Feb 2020 12:32 WIB

Yang Dilakukan Abu Bakar usai Dilantik Jadi Khalifah

Abu Bakar mengucapkan pidato usai dilantik menjadi khalifah.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Yang Dilakukan Abu Bakar usai Dilantik Jadi Khalifah. Foto: Ilustrasi Sahabat Nabi
Foto: MgIt03
Yang Dilakukan Abu Bakar usai Dilantik Jadi Khalifah. Foto: Ilustrasi Sahabat Nabi

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA – Sepeninggal Rasulullah, kepemimpinan Islam digantikan oleh kepemimpinan Khulafaurrasyidin yang diawali oleh Sayyidina Abu Bakar. Maka usai dibaiat, beliau pun segera membacakan pidato singkatnya.

Dalam buku Ali bin Abi Thalib karya Ali Audah disebutkan, sebagai khalifah pertama, Sayyidina Abu Bakar mengucapkan sebuah pidato singkat di hadapan umat. Meski pidatonya singkat, namun pidato itu dinilai penuh dengan kebijaksanaan dan sangat menentukan.

Baca Juga

Setelah mengucap puji syukur kepada Allah SWT dalam pidato pelantikannya itu, Sayyidina Abu Bakar pun membacakan pidatonya:

“(Amma ba’du), kemudian saudara-saudaraku, saya sudah terpilih memimpin kalian. Dan saya  bukanlah orang yang terbaik di antara kalian. Kalau saya berlaku baik, bantulah saya. Dan kalau saya salah, maka luruskanlah saya,”.

Selanjutnya beliau juga berkata: “Kebenaran adalah suatu kepercayaan, dan dusta adalah pengkhianatan. Orang yang lemah di kalangan kalian adalah kuat di mata saya. Sesudah nanti haknya nanti saya berikan kepadanya—insya Allah—dan orang yang kuat, buat saya adalah lemah sesudah haknya nanti saya ambil—insya Allah,”.

Berikutnya, beliau kembali melanjutkan: “Apabila ada golongan yang meninggalkan perjuangan di jalan Allah, maka Allah akan menimpakan kehinaan kepada mereka. Apbila kejahatan sudah meluas pada suatu golongan, maka Allah akan menyebarkan bencana pada mereka,”.

Tak lupa, Sayyidina Abu Bakar pun berpesan pada pidatonya tersebut: “Taatilah saya selama saya taat kepada Allah SWT dan RasulNya. Tetapi apabila saya melanggar perintah Allah dan Rasulullah, maka gugurkanlah kesetianmu kepada saya. Laksanakanlah shalat kamu sekalian, semoga Allah memberi rahmat kepada kita semua," pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement