Jumat 05 Oct 2018 07:30 WIB

Mendengarkan Nasihat

Ajaran dan tradisi dalam Islam menyuruh kita untuk memperhatikan nasihat

Memberi nasihat merupakan anjuran agama (ilustrasi).
Foto:

Nabi SAW pun mau mendengar nasihat dari istrinya, Ummu Salamah saat merasa diabaikan kaum Muslimin usai perjanjian Hudaibiyah. Ketika itu, Nabi SAW memerintah mereka untuk menyembelih hewan kurban dan memotong rambut dan kuku, meski batal mengunjungi Tanah Suci. Mereka tak menuruti nasihat Nabi.

Rasulullah SAW pun mengeluhkan sikap kaumnya kepada Ummu Salamah karena sudah menyuruh mereka hingga tiga kali. Ummu Salamah menasihati Nabi SAW.

Dia mengungkapkan, Rasulullah SAW tak bisa membuat 1.500 orang untuk melakukan apa yang dia inginkan.

Ummu Salamah lantas meminta Nabi SAW untuk melakukan ibadah-nya sendiri di tanah lapang dan bisa dilihat semua orang. Nabi SAW lantas mendengar nasihat itu.

Rasulullah mengambil ternak dan membawanya ke tempat terbuka.

Rasulullah menyembelih hewan tersebut. Setelah itu, dia bercukur dan memotong kuku. Kaum Muslimin yang menyaksikannya kemudian mengikuti apa yang dilakukan Nabi.

Kita juga harus belajar dari Imam al-Ghazali yang dirampok sekawanan penyamun saat bergabung dalam sebuah kafilah dagang. Dalam perjalanan pulang, kafilah dagang, termasuk imam yang melahirkan kitab Ihya Ulumuddinitu diadang sekawanan perampok. Mereka menggeledah satu per satu anggota kafilah. Termasuk sang imam.

Ketika tiba gilirannya, al- Ghazali berkata, apa yang dibawanya adalah buku dan naskah tulisan. Semua itu tak berguna bagi mereka, tapi sangat besar artinya bagi sang imam.

Namun, simak apa yang disampaikan si perampok. Ilmu itu di dada, bukan di tulisan.

Al-Ghazali terkesiap mendengar jawaban tak terduga itu. Sampai-sampai, dia merasa jawaban perampok itu merupakan yang paling berharga dalam perjalanan intelektualnya. Konon, spirit dari jawaban tersebut membuat al-Ghazali tak lagi disibukkan dengan urusan mencatat ketika berguru.

Ketika belajar, dia berusaha memahami dengan kritis dan menghafal jika perlu. Dia pun tercatat menjadi imam de ngan karya-karya monumental dan diakui hingga belahan bumi barat.

sumber : Dialog Jumat Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement