Ahad 28 Jan 2018 20:19 WIB

Gus Ipul : Doa Senjata Segala Masalah

Orang memiliki ilmu yang cukup akan luas pemikiran dan tindakanya.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Agus Yulianto
Saifullah Yusuf
Foto: Republika/Yasin Habibi
Saifullah Yusuf

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf berpendapat, doa merupakan senjata ampuh dalam menghadapi segala permasalahan kehidupan. Untuk itu, kata dia, sebagai umat yang beriman, agar senantiasa berdoa terutama sebelum mengawali setiap kegiatannya. 

Dia mengatakan, doa menjadi modal utama bagi orang hidup. Sebab, doa bisa digunakan untuk mengatasi setiap permasalahan yang ada. Karenanya, doa merupakan inti dari ibadah.

"Jadi, segala ritual ibadah yang kita lakukan jika disimpulkan adalah doa. Dengan doa, insyallah manusia akan mendapat pertolongan dan kemudahan dari Allah SWT," kata pria yang akrab disapa Gus Ipul dalam siaran persnya, Ahad (28/1).

Gus Ipul menyatakan, senjata lain dalam mengatasi segala permasalah hidup adalah dengan melakukan usaha atau ikhtiar. Artinya, doa dan usaha merupakan senjata dalam menyeimbangkan kepentingan di dunia maupun akherat.

Setelah berdoa dan berusaha dilakukan, sebagai manusia beriman haruslah memiliki ilmu pengetahuan yang cukup. Alasannya, jika orang memiliki ilmu yang cukup akan luas pemikiran dan tindakanya.

"Doa dan usaha, namun tidak disertai ilmu hidupnya akan mengalami kesulitan," ujar Gus Ipul.

Selain itu, lanjut Gus Ipul, setelah melakukan doa, usaha dan bekal ilmu yang cukup, cara terakhir dalam mengatasi masalah yakni dengan bertawakal atau berserah diri kepada Allah SWT. "Kesemuanya itu adalah salah satu cara ampuh, ketika masalah datang dalam kehidupan kita," kata Gus Ipul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement