Jumat 01 Dec 2017 11:40 WIB

Seperti Apa Sih Postur Rasulullah SAW?

Surat Rasulullah SAW ke Muqawqis
Foto: alarabiya.net
Surat Rasulullah SAW ke Muqawqis

REPUBLIKA.CO.ID, -- Seperti apa sih postur Rasulullah SAW? Jawaban ini bisai ditelusuri dari berbagai hadist yang menceritakan soal Rasullah.

Pada soal postur tubuh rasullah berbagai hadits menyebutkan sosoknya tidak tinggi dan juga tidak pendek.

Tubuhnya tidak jangkung atau tinggi menjulang. Perutnya rata alias tidak buncitt. HAli bin Abi Thalib RA berkata : ” Nabi SAW tidak jangkung dan tidak juga pendek” (HR. Ibn Hisyam). Selain itu, menurut Abu Hurairah RA berkata :“Rasulullah SAW dada dan perut beliau rata.” (HR. Ibn Sa’ad)

Lalu seperti apa warna kulit Rasullah? Apakah hitam, coklat, atau putih? Anas Ibn Malik RA berkata : “Warna kulit Rasulullah SAW putih bersih, bukan putih pucat atau hitam.’ (HR. al-Bukhari dan Muslim)*

Kemudia bagaimaa bentuk mata Rasulullah SAW? Diriwayatkan oleh al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah yang bercerita bahwa Rasulullah saw bersabda: “Apakah kalian menyangka bahwa posisiku di sini dan di sini, demi Allah tidak terhalang dari penglihatanku ruku’ kalian ataupun sujud kalian. Sesungguhnya aku dapat melihat apa yang ada di belakang punggungku.”*

Dalam riwayat Muslim dari Anas ibn Malik, Rasulullah saw bersabda: “Wahai manusia, saya berada di depan kalian, jangan mendahului aku dalam ruku’ dan jangan pula dalam sujud. Sesungguhnya aku melihat kalian baik yang berada di depan maupun yang dibelakang.”

Ibn Adiy, al-Baihaqi dan Ibn Asakir meriwayatkan sebuah kisah dari A’isyah yang mengatakan bahwa Rasulullah saw dapat melihat dalam keadaan gelap maupun terang.

sumber : dari berbagai sumber
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement