Selasa 21 Mar 2017 19:05 WIB

Umat Muslim di Kota Cary Miliki Masjid Baru

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Agus Yulianto
Muslim Amerika Serikat (ilustrasi)
Foto: AP/Sue Ogrocki
Muslim Amerika Serikat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CARY -- Umat Muslim di Kota Cary, Carolina Utara, Amerika Serikat sedang berbahagia. Pasalnya mereka akan memiliki sebuah masjid baru dengan bangunan permanen. Selama 10 tahun terakhir, kegiatan shalat berjamaah dan pusat kegiatan Islam lainnya hanya dilakukan di sebuah ruangan sewa di Jalan Chatham.

Satu bangunan masjid permanen yang terletak di Jalan Chatham 1155 W diharapkan dapat segera digunakan tahun ini. Masjid tersebut berada tepat di seberang bangunan sewa saat ini.

"Pendirian pusat Islam di Cary sudah dimulai pada 2008, tapi saat itu umat Islam hanya menggunakan ruang sewa sementara," ujar Ketua Pusat Islam Kota Cary, Shakil Ahmed seperti dilansir dari www.carycitizen.com, baru-baru ini.

Mereka telah menyewa tempat tersebut sejak pada 2004 dan menggunakannya sebagai masjid. Ketika tempat itu pertama kali dibuka, hanya ada 10 sampai 12 orang yang datang untuk shalat Jumat. Sekarang, 200 orang hadir di tempat itu untuk shalat Jumat dan pertemuan mingguan. Ahmed memperkirakan, hanya 20 persen dari Muslim setempat yang hadir ke masjid dari total 1.000 sampai 1.500 orang.

Masjid baru tersebut dijadwalkan dibuka pada 2017, namun hanya untuk lantai dasar saja. Lantai kedua dan ketiga baru akan dilakukan di tahun-tahun berikutnya. "Masjid ini akan memiliki tempat beribadah dan ruang konferensi untuk kuliah dan kelas," kata Ahmed.

Lantai kedua dan ketiga akan digunakan untuk tempat shalat pria dan wanita, sedangkan lantai pertama akan menjadi pusat kegiatan Islam. Sebelum lantai kedua dan ketiga rampung, lantai pertama juga akan difungsikan sebagai tempat shalat. Bangunan itu juga akan dilengkapi perpustakaan digital dan sekolah akhir pekan.

 

Untuk pembangunan tahap awal, pihaknya membutuhkan dana 6.000 dolar AS sampai 7.000 dolar AS. "Saya optimis kita bisa melakukan ini," kata dia.

Sejak terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat, Ahmed dan umat Muslim Cary lainnya mendapatkan lebih banyak dukungan dari penduduk setempat. Ia berencana mengumpulkan semua pesan dalam lembaran memo yang akan diletakkan di masjid baru.

"Kami mendapat bunga dan surat yang mengatakan, jangan khawatir, kami bersama Anda. Ini adalah dukungan dari tetangga kami. Cary adalah kota besar dengan komunitas yang indah," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement