Rabu 14 Oct 2015 19:59 WIB

Sambut Tahun Baru Islam, Sumsel Gelar Doa, Zikir, dan Pawai

Rep: Maspriel Aries/ Red: Agung Sasongko
Tahun baru Islam
Foto: moroccomuslimnews
Tahun baru Islam

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Menyambut kehadiran 1 Muharam 1437 H di Sumatera Selatan (Sumsel) tidak hanya berlangsung di Palembang, ibu kota provinsi tetapi juga berlangsung pada beberapa kabupaten dan kota, seprti di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).Di Palembang, pergantian tahun 1436 H menuju tahun 1437 H berlangsung di Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin (SMB).

Acara menyambut 1 Muharam 1437 H pada Selasa malam (13/10) berlangsung dengan acara dan doa dan zikir taubat yang dihadiri umat Islam yang memenuhi masjid. Hadir pada perayaan tersebut Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki dan Wali Kota Palembang Harnjojoyo.

Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki dalam sambutannya mengatakan, “Dengan melaksanakan doa dan zikir tobat ini agar Provinsi Sumatera Selatan menjadi provinsi gemilang dan Kota Palembang menjadi elok, madani, aman, dan sejahtera.”

Menurut Ishak Mekki, saat ini Provinsi Sumatera Selatan sedang  dilanda kabut asap, sudah berapa bulan belakangan ini kabut asap di Sumsel belum berakhir. “Dalam menyambut tahun baru I Muharam 1437 H mari kita bersama-sama berdoa supaya bencana kebakaran hutan dan lahan serta kabut asap cepat berakhir,” katanya.

Sementara itu Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan, “Tahun Baru 1 Muharam 1437 H ini adalah saat yang tepat untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT semoga seluruh masyarakat Kota Palembang mendapatkan keberkahan dalam kehidupan dan  bencana yang sedang dialami seperti kabut asap ini segera berakhir.”

Pada kesempatan itu Wali Kota Harnojoyo mengajak masyarakat untuk bersama-sama mensukseskan Asian Games 2018 mendatang. “Mari masyarakat Kota Palembang ikut serta dalam mensukseskan Asean Games 2018 dengan tetap selalu menjaga kebersihan dan keindahan Kota Palembang untuk menjadikan Provinsi Sumatera Selatan gemilang,” ujarnya.

Sementara itu perayaan tahun baru Islam 1 Muharram 1437 H di Baturaja, Kabupaten OKU, berlangsung meriah dan semarak yang ditandai dengan pelaksanaan pawai akbar yang yang disaksikan ribuan warga. Pawai akbar peringatan 1 Muharam 1437 yang berlangsung, Rabu (14/10) dilepas Penjabat Bupati OKU Maulan Aklil.

Peserta yang berasal dari murid  TK, TPA, majelis taklim, Rohis, LDK kampus, pelajar serta masyarakat dimulai dari depan kantor PT Telkom melewati panggung kehormatan di depan Gedung SKB Baturaja, pasar atas terus ke Taman Kota Baturaja. Selain pawai akbar, sampai di taman kota peserta berkesempatan memperoleh hadiah doorprize yang disiapkan panitia dengan beragam hadiah seperti lemari es, mesin cuci, televisi dan hadiah lainnya.

Peserta dan warga juga dihibur senandung Islami dari grup nasyid Senandung Hikmah.Penjabat Bupati OKU Maulan Aklil pada saat melepas peserta mengatakan, “Gebyar 1 Muharam sebagai tahun baru Islam merupakan satu momentum penting untuk umat Islam. Peringatan tahun baru Islam kali ini berlangsung meriah. Jangan hanya tahun baru masehi saja yang diperingati secara meriah, peringatan hari besar Islam ini juga harus lebih meriah karena ini merupakan tahun baru bagi kita umat Muslim,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement