Jumat 08 Feb 2019 15:00 WIB

Manusia Asuhan Para Ulama

Pengasuh-pengasuh sebelum Nabi Muhammad tertera dalam nadzam Aqidatul Awam.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Agung Sasongko
Dakwah
Foto:

Menurut Gus Muwafiq, umat Islam diperintahkan untuk mencintai Rasulullah meskipun tidak pernah bertemu dengannya. Oleh sebab itu, NU adalah salah satu or ganisasi keagamaan yang me ngetahui cara mencintai Ra su lullah.

Dia menilai, warga NU harus membangun ketaatan kepada wi layah atau negara. Menurut dia, wilayah merupakan peninggalan dari para wali. Salah satu wujudnya yakni dengan taat kepada pemimpin sah di Indonesia. Dia menilai NU harus terus berjuang membentengi NKRI dari usaha kelompok tertentu untuk meru sak negara ini.

"NU memang dihajar untuk menghancurkan kepemimpinan. Harapannya mendapatkan tempat di Indonesia kelompok ini (radikal). NU itu hafal cara mereka," ujarnya.

Indonesia, lanjut Gus Muwafiq, mempunyai sistem dan mekanisme dalam berbangsa dan bernegara. Sistem tersebut telah diwariskan para wali. Oleh karena itu, warga NU wajib mempertahankan warisan tersebut. Dia menjelaskan, Gus Muwafiq menegaskan Indonesia adalah negara paling Islam di dunia.

Putri Presiden ke-4 RI KH Ab durrahman Wahid, Yenny Wahid, mengatakan, NU bisa menjadi suara Islam toleran di dunia. Saat ini, peranan organisasi yang didirikan oleh Hadratussyaikh Hasyim Asy'ari ini telah diperhitungkan di dunia.

Dunia internasional selalu meminta kepada NU agar berbagi pengalaman dalam menjaga Indonesia yang beragam namun tetap damai. "Orang nahdliyin dicari dunia karena dianggap bisa menjadi uswatun hasanah," kata Yenny.

Yenny menambahkan, NU da pat menjadi penggerak manhaj Ahlussunah waljamaah (Aswaja) dengan nilai-nilai tasamuh dan tawasuth. Oleh karena itu, Yenny menuturkan warga nahdliyin pa tut berbangga atas prestasi yang dimiliki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement