Sabtu 29 Sep 2018 06:38 WIB

Ustaz Somad Ajak Orang Tua Lakukan Hijrah Pendidikan

Sekolah yang mengajarkan pendidikan Islam memiliki lima pelajaran agama

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Hazliansyah
Ustaz Abdul Somad memberikan tausiyahnya saat acara MPR-RI Bersholawat di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (29/8).
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Ustaz Abdul Somad memberikan tausiyahnya saat acara MPR-RI Bersholawat di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (29/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ustaz Abdul Somad mengajak para orang tua melakukan hijrah pendidikan untuk anak-anaknya. Hijrah pendidikan artinya memindahkan dari sekolah konvensional atau umum ke sekolah pendidikan Islam.

"Hijrah penting pendidikan, yang selama ini sekolahnya konvensional, pendidikan umum, pindahkan anak ke sekolah yang full day Islam," kata Ustaz Somad dalam kegiatan Tabligh Akbar di Masjid Al Al A'zhom, Tangerang, Jumat (28/9).

Sebab, ia mengatakan sekolah yang mengajarkan pendidikan Islam memiliki lima pelajaran agama. Tentu saja pelajaran tersebut membuat anak memahami dan mengerti tentang akhlak, Alquran, fiqih, bahasa Arab, sejarah Islam.

Kendati demikian, Ustaz Somad tidak membenarkan anggapan yang memandang pelajaran seperti, matematika, fisika, kimia, bahasa Inggris tidak penting. Ia menekankan, pelajaran seperti bahasa Inggris sangat penting.

Sebab, anak-anak yang mahir berbahasa Inggris bisa menerjemahkan ceramah ulama Indonesia ke bahasa Inggris.

Ia mencontohkan, selama ini hanya warga negara Indonesia, Malaysia, sebagian Brunei Darusalam, sebagian Singapura yang memahami ceramah berbahasa Indonesia dari Ustaz Somad. Karena itu, generasi muda yang mahir berhasa Inggris bisa menerjemahkan ceramah tersebut dalam bahasa internasional.

Ia menganggap bahasa adalah alat yang luar biasa dalam kehidupan. Rasulullah SAW pernah meminta sahabatnya agar belajar bahasa Yahudi. Salah satu alasannya, karena saat itu Nabi Muhammad SAW kerab diolok-olok menggunakan bahasa Yahudi.

"Nabi perintahkan sahabatnya Zaid bin Tsabit belajar bahasa Yahudi. Karena itu, jika ada orang asing mendapat hidayah, bukan karena ceramah Ustaz Somad, tapi bahasa Inggris," ujar dia.

Ustaz Somad mengingatkan anak adalah amanah dari Allah SWT. Karena itu, orang tua tidak boleh menyia-nyiakannya

"Silakan bekali dengan pendidikan. Kelak mereka yang akan memohonkan ampun atas dosa orang tua pada Allah SWT," kata Ustaz Somad.

Ia mengatakan, menyanyangi anak belum tentu bisa mendidiknya. Menyayangi anak bisa dilakukan dengan memenuhi semua kebutuhannya. Sementara mendidik bisa dilakukan dengan mengajarkan Iqra dan Alquran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement