Jumat 27 Jul 2018 15:14 WIB

JIC Sambut Gerhana Bulan dengan Ragam Acara

Gerhana bulan menjadi sarana edukasi dalam ilmu astronomi dan falakiyah

Rep: Mabruroh/ Red: Agung Sasongko
Bulan masih tertutup bayangan penumbra bumi (parsial), saat gerhana bulan diabadikan dari kawasan Umbul Sidomukti, Kecamatan Bandungan, kabupaten Semarang, Rabu (31/1). Cuaca mendung mengakibatkan fase terjadinya gerhana bulan total ini tidak dapat dilihat secara utuh dari lokasi ini.
Foto: Republika/Bowo Pribadi
Bulan masih tertutup bayangan penumbra bumi (parsial), saat gerhana bulan diabadikan dari kawasan Umbul Sidomukti, Kecamatan Bandungan, kabupaten Semarang, Rabu (31/1). Cuaca mendung mengakibatkan fase terjadinya gerhana bulan total ini tidak dapat dilihat secara utuh dari lokasi ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gerhana bulan total akan kembali terjadi di Indonesia pada hari Sabtu, 28 Juli 2018 pukul 02.30 WIB sampai 04.13 WIB menjelang Subuh. Jakarta Islamic Center (JIC) akan menyambut gerhana total dengan beragam acara dan festival.

"JIC akan mengadakan Festival Gerhana Bulan Total 280718 dengan beragam acara," kata Kepala Divisi Pengkajian dan Pendidikan Jakarta Islamic Centre (JIC), Rakhmad Zailani Kiki melalui siaran pers, Jumat (27/7).

Rakhmad memaparkan, rangkaian acara yanh akan digelar di JIC yakni training motivasi, tabligh akbar, ceramah ilmiah terkait gerhana, dan observasi gerhana. Kemudian dilanjutkan dengan lomba foto saat gerhana terjadi gerhana, dilanjutkan dengan shalat tahajud, shalat sunah gerhana bulan (khusuf) dan khutbah gerhana.

photo
Umat muslim menjalankan shalat berjamaah/ilustrasi

"Bagi umat Islam, peristiwa gerhana bulan total bukan saja merupakan peristiwa astronomis, tetapi juga peristiwa ibadah, oleh karena itu dianjurkan untuk melaksanakan shalat sunah khusuf dan mendengarkan khutbah gerhana,” kata Rakhmad.

 

Acara ini pun sambungnya didukung oleh MUI Provinsi DKI Jakarta, DMI Provinsi DKI Jakarta, dan Kementerian Agama Jakarta Utara. Serta didukung oleh Republika, Sudin Pendidikan 1 Jakarta Utara, Sudin Pendidikan 2 Jakarta Utara, Klasik, dan KFS-JIC.

Adapun mengenai festival sendiri lanjut Rakhmad, bertujuan sebagai wahana untuk memfasilitasi umat Islam untuk melakukan ibadah gerhana bulan secara berjamaah di sepertiga malam di Masjid Jakarta Islamic Centre (JIC). Selain itu juga sebagai syiar Islam, bahwa ilmu astronomi memiliki kaitan dengan ajaran Islam, salah satunya dalam menyikapi peristiwa gerhana bulan total.

photo
Gerhana Bulan total

”Sebagai wahana edukasi umat Islam yang aplikatif dan menyenangkan dalam ilmu astronomi dan falakiyah melalui peristiwa gerhana bulan total,” ujarnya.

Adapun Festival Gerhana Bulan Total 280718, tambahnya terbuka untuk umum. Sedangkan untuk rangkaian kegiatan tersebut akan dimulai pada pukul 00.00 WIB dan berakhir dengan shalat Subuh berjamaah, Sabtu (28/7).

"Tempatnya ya di Ruang Ibadah Utama Masjid Jakarta Islamic Centre (JIC) dan halamannya," kata dia.

Sedangkan bagi para pelajar diharapkan datang pada hari Jumat (27/7), pukul 20.00 WIB. Mereka juga berkesempatan mengikuti pelatihan umum motivasi oleh motivator pelajar, M Arif Syukur.

"Ini sebagai kegiatan pra-pembukaan, khususnya untuk para pelajar,” tuturnya.

photo
Foto multiple exposure gerhana bulan Supermoon tampak dari kawasan Warung Buncit, Jakarta Selatan, Rabu (31/1).

Adapun untuk lomba foto gerhana, disediakan hadiah bagi pemenang berupa uang satu juta rupiah untuk juara pertama, Rp 750 ribu untuk juara kedua, dan Rp 500 ribu untuk juara ketiga. Syarat mengikuti lomba foto ini adalah peserta umum yang menghadiri rangkaian acara festival dari awal sampai akhir, kamera foto yang digunakan adalah kamera dari HP, dan membayar infak pendaftaran yang terbaik.

”Pemenang lomba foto akan diumumkan di akun instagram @klasikofficial pada hari Kamis, 9 Agustus 2018 jam 17.00 WIB,” ujarnya.

Untuk diketahui di Indonesia, gerhana bulan total akan berlangsung antara 103 sampai 107 menit. Gerhana bulan total nanti merupakan gerhana terlama dalam seratus tahun ini dan dapat dilihat dengan mata telanjang di seluruh Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement