Kamis 15 Mar 2018 17:35 WIB

Perguruan Tinggi Islam Indonesia Harus Jadi Rujukan

saat ini terdapat 763 perguruan tinggi Islam yang menjangkau 1 juta mahasiswa.

Rep: Novita Intan/ Red: Agung Sasongko
Kampus UIN Jakarta, Kampus UIN Ciputat
Foto: Republika/Musiron
Kampus UIN Jakarta, Kampus UIN Ciputat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Ditjen Pendidikan Islam Kemenag, Arskal Salim mengungkapkan, saat ini terdapat 763 perguruan tinggi Islam yang menjangkau 1 juta mahasiswa. Beberapa perguruan tinggi Islam telah dikembangkan menjadi universitas dan semakin memantapkan kualitasnya.

"Saat ini kami berupaya agar perguruan tinggi Islam di Indonesia menjadi rujukan ilmu keislaman dunia," katanya, Kamis (15/3).

Soal pendanaan, pada tahun depan pemerintah akan memanfaatkan skema Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) untuk agar kualitas madrasah bisa mumpuni. Pemanfaatan ini perlu dilakukan pemerintah mengingat banyaknya madrasah yang telah dibangun di Indonesia.

Bahkan, rencananya Kemenag akan memekarkan Direktorat Jendral Pendidikan Islam menjadi tiga direktorat jendral baru yakni Direktorat Jendral Perguruan Tinggi Keagamaan, Direktorat Jendral Madrasah Pembangunan Islam dan Direktorat Jendral Pesantren. Langkah ini supaya pelayanan yang diberikan masyarakat lebih efektif lantaran strukturnya mencukupi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement