Senin 02 Oct 2017 13:21 WIB

Muslimah Juga Bisa Bermain Basket

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Esthi Maharani
Pebasket Muslimah
Foto: turkishny.com
Pebasket Muslimah

REPUBLIKA.CO.ID, LEICESTER -- Setelah sekian lama, pelarangan penggunaan penutup kepala dalam olah raga basket akhirnya dicabut. Perubahan aturan ini sudah disetujui Federasi Basket Internasional (FIBA).

Aturan yang sudah disetujui FIBA sejak Mei lalu, tim basket Muslimah pertama di Inggris, Falcon, mengaku ingin menghilangkan stereotipe tertentu atas Muslimah.

''Ini penting karena kelak orang akan lihat Muslimah juga bisa bermain basket,'' kata anggota Falcon, Raabya Pasha, seperti dikutip Aljazirah, Senin (2/10).

Hal ini menunjukkan pula kerudung tak menghalangi Muslimah melakukan aneka kegiatan. Falcon sendiri terbentuk setelah aturan ini ada. Sebelumnya, para Muslimah di Falcon memang aktif dalam olah raga basket. Namun, mereka terpaksa berhenti karena larangan penggunaan tutup kepala di lapangan basket. Para Muslimah yang bergabung di Falcon berharap bisa Muslimah-Muslimah muda.

Pebasket Falcon lainnya, Yaquin Drair mengatakan, langkah Falcon akan membawa hal berbeda. Anak-anak akan melihat para Muslimah sebagai contoh dalam olah raga ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement