Sunday, 19 Zulhijjah 1441 / 09 August 2020

Sunday, 19 Zulhijjah 1441 / 09 August 2020

Masjid Karakol Mirip Kuil Buddha di Tibet

Rabu 30 Aug 2017 16:30 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Agung Sasongko

Masjid Karakol, Kirgistan

Masjid Karakol, Kirgistan

Foto: Wikimedia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah bangunan masjid mirip kuil Buddha masih berdiri tegak di salah satu sudut Kota Karakol, Kirgistan. Masjid Karakol merupakan satu dari banyak masjid di kawasan perbatasan Asia Tengah dan Tiongkok yang mengadopsi struktur bangunan masjid yang berbeda daripada model bangunan masjid umumnya. Secara sekilas, bangunan masjid ini memang sangat mirip dengan kuil Buddha di Tibet atau gaya bangunan tradisional lain di dataran Tiongkok.

Layaknya masjid di wilayah Xinjiang dan kawasan etnis Muslim Hui di Tiongkok, masjid ini tidak memiliki kubah dan minaret yang menjulang tinggi. Namun, bila diperhatikan dari dalam, terlihat jelas fungsional sebuah bangunan masjid dari hamparan permadani dan sajadah yang menghadap arah kiblat serta gantungan lafaz Allah SWT dan Muhammad SAW.

Keberadaan Masjid Karakol tidak lepas dari peran kelompok etnis Dungan yang tinggal di Kota Karakol. Sebuah kota kurang lebih 398 kilometer arah timur Kota Bishkek, ibu kota Kirgistan.

Istilah Dungan merupakan sebutan yang dialamatkan kepada keturunan Muslim Hui yang tinggal di kawasan bekas negara Uni Soviet. Sebagian Muslim Hui memilih untuk bermigrasi pada 1820-1880 karena persaingan etnis dengan mayoritas Han di Tiongkok.

Mereka akhirnya memilih menetap di negara-negara Asia Tengah yang dulu menjadi bagian dari Uni Soviet. Percampuran etnis asal Tiongkok dan Asia Tengah itulah yang kini menjadi identitas Muslim Dungan, dengan bahasa dan tulisan tidak lagi hanya Mandarin, namun juga menggunakan alfabet silirik khas Russia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA