Rabu 24 Aug 2016 13:37 WIB

Nasihat Kematian di Pemakaman Susi

Rep: Dwina Agustin/ Red: Damanhuri Zuhri
Tukul Arwana bersama anak-anaknya serta sahabatnya Tarzan, saat pemakaman Susiana, istri Tukul, Rabu (24/8)
Foto: Dwina Agustin/Republika
Tukul Arwana bersama anak-anaknya serta sahabatnya Tarzan, saat pemakaman Susiana, istri Tukul, Rabu (24/8)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin ikut menghadiri pemakaman Susiana, istri Tukul Arwana. Dalam kesempatan tersebut Menteri Agama merasa sedang mendapatkan nasihat penting dari Almarhumah.

"Ada dua nasihat, satu nasihat yang penuh dengan kata-kata dan berbicara yang disampaikan Alquran. Dan kedua nasihat yang tidak kata-kata yaitu kematian," ungkap Lukman di TPU Jeruk Purut, Rabu (24/8).

Menag merasa mendapatkan nasihat yang sangat penting dengan menghadiri pemakaman istri rekannya itu. Dengan sebuah kematian semua hal dapat terasa tanpa perlu dijelaskan dengan kata-kata.

Mesti tidak mengenal Susi secara langsung, Menteri Agama merasa sosok Tukul akan membuat banyak kehilangan bagi seluruhnya. Apalagi melihat sosok Susi pun sangat dicintai orang sekelilingnya.

Kesediahan dan rasa kehilangan merupakan hal wajar. Meski begitu Lukman berharap kepergian Susi dapat direlakan sebab kematian merupakan satu jalan menuju kembali ke sisi Allah.

"Tapi percayalah, ini suatu yang dinanti kita semua. Ini proses kembali pulang keharibaan-Nya," kata Menteri Agama menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement