Kamis 24 Sep 2015 01:20 WIB

Bantu Warga Terdampak Asap, LPBI NU Bagi-bagi Masker di Kalteng

Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU)
Foto: LPBI NU
Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) membagikan 11.000 masker kepada warga terdampak asap di Kalimantan Tengah. Aksi kemanusiaan ini dilakukan di 3 (tiga) titik, yaitu Puntun, Kelampangan, dan Menteng. Tiga daerah tersebut berada di wilayah Palangkaraya.

Dikutip dari keterangan persnya (23/9), aksi kemanusiaan ini dilakukan berdasarkan hasil kajian atau assessment yang dilakukan oleh relawan LPBI NU Kalimantan Tengah.

Melalui aksi kemanusiaan ini, relawan LPBI NU Kalimantan Tengah membagikan masker kepada masyarakat untuk mengurangi dampak yang dapat ditimbulkan akibat kabut asap yang sudah hampir satu bulan menyelimuti Kalimantan Tengah.  Selain itu, Pengurus dan relawan LPBI NU Kalimantan Tengah juga melakukan kampanye lingkungan hidup dengan memasang puluhan spanduk di yang berisi himbauan untuk menghentikan pembakaran hutan dan lahan serta ajakan untuk memelihara kelestarian lingkungan di beberapa titik strategis di wilayah Palangkaraya.

Kabut asap yang disebabkan oleh kebakaran hutan dan lain ini melanda wilayah Sumatera Selatan, Jambi, Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan. Kabut asap juga menyebar ke sejumlah daerah di sekitar enam provinsi tersebut. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mencatat ada 156 titik panas sumber kabut asap di Sumatera dan Kalimantan. Dari 156 titik tersebut, 95 titik di Sumatera dan 61 titik di Kalimantan.

Menurut catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) setidaknya sebanyak 25,6 juta jiwa terpapar dan tersebar di Sumatera dan Kalimantan. BNPB menaksir kerugian ekonomi akibat kebakaran hutan dan lahan pada 2015 ini lebih dari Rp 20 triliun. Kerugian tersebut mulai dari kerusakan lingkungan, terhambatnya kegiatan ekonomi, hingga terganggunya kesehatan masyarakat.

Ketua LPBI NU Kalimantan Tengah, Awaludin Noer, mengatakan bahwa kabut asap yang melanda Kalimantan Tengah menyebabkan kesehatan masyarakat terganggu karena kualitas udara sangat menurun. Selain itu, kabut asap juga berdampak pada berbagai aspek kehidupan, terutama ekonomi dan lingkungan. Menurut Awaludin Noer, saat ini masyarakat Kalimantan Tengah sangat membutuhkan masker untuk mengurangi risiko yang dapat ditimbulkan oleh kabut asap. Menurutnya, bantuan masker dari LPBI NU sangat bermanfaat bagi masyarakat Kalimantan Tengah yang setiap hari melakukan aktivitas di tengah kepungan asap.

Sementara itu menurut Ketua PP LPBI NU M. Ali Yusuf, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terus terjadi selama puluhan tahun ini menunjukkan bahwa perlu segera ada upaya penanganan yang lebih serius dan menyentuh persoalan yang mendasar di antaranya penegakan hukum, kebijakan pemerintah dan pusat dan yang saling mendukung serta kesadaran semua pihak akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. 

Oleh karena itu, LPBI NU juga mengajak kepada Pemerintah, masyarakat dan seluruh pihak untuk segera merumuskan upaya untuk mengurangi risiko bencana karhutla dan tidak fokus penanganan darurat semata agar peristiwa yang sangat merugikan seperti sekarang ini tidak terulang lagi di masa yang akan datang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement