Ahad 09 Aug 2015 09:13 WIB

Innalillah..Syekh Wahbah az-Zuhaili Meninggal Dunia

Syekh Wahbah az-Zuhaili
Foto: Damanhuri Zuhri Republika
Syekh Wahbah az-Zuhaili

REPUBLIKA.CO.ID,DAMASKUS--Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Albaqaulillah. Syekh Wahbah bin Musthafa az-Zuhaili meninggal dunia, Sabtu (8/9) sore waktu setempat. Kabar berita ini disampaikan oleh media Palestineps.com, yang berdomisili di Damaskus Suriah. Berita duka tersebut memicu kesedihan publik Damaskus dan negara Timur Tengah.

Syekh Wahbah yang berulang kali pernah berkunjung ke Indonesia itu, merupakan salah satu ulama Sunni terkemuka abad ini. Ia termasuk anggota Dewan Pakar Komite Fikih di sejumlah negara seperti Arab Saudi, India, Amerika, dan Sudan. Ia juga didaulat sebagai ketua jurusan fikih Islam Universitas Damaskus.

Tokoh kelahiran Damaskus, Suriah, pada 1932 ini, termasuk 500 figur Muslim berpengaruh di dunia. Sejumlah penghargaan dunia internasional telah ia raih. Pada 2008, Pemerintah Malaysia menghadiahkan penghargaan berupa sosok Muslim paling utama kepada Syekh Wahbah.

Jasa Syekh Wahbah yang merupakan jebolan al-Azhar, Kairo, Mesir, ini dalam khazanah keilmuan Islam masa kini pun sangat besar. Ia telah mengarang ratusan kitab, terutama di bidang fikih Islam. Di antara salah satu karyanya yang monumental adalah al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu. Kitab fikih perbandingan yang terdiri atas 11 jilid ini telah diterjemahkan ke berbagai bahasa, antara lain, Persia dan Indonesia. Lahul Fatihah...       

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement