Senin 03 Aug 2015 10:59 WIB

Jaga Ukhuwah Islamiyah dengan 5 T

Ustadz Andi Ghalib
Foto: Humas SBBI
Ustadz Andi Ghalib

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Persaudaraan Islam (ukhuwah Islamiyah) perlu terus dijaga dan dipupuk. Allah SWT dan Rasulullah SAW  berkali-kali menegaskan hal tersebut melalui ayat-ayat Alquran maupun Al-Hadits.

Banyak rumus untuk menjaga ukhuwah Islamiyah. Salah satunya yang sering diungkapkan oleh para ulama dan dikutip oleh Ustadz Andi Ghalib adalah 5 T. “Jagalah ukhuwah Islamiyah dengan rumus 5 T,” kata Ustadz Andi Ghalib saat mengisi ceramah halal bihalal SMA Bosowa Bina Insani di Masjid Al-Ikhlas Kampus Bosowa Bina Insani Bogor, Jawa Barat, Senin (3/8).

Ustadz Andi Ghalib menjelaskan, T yang pertama adalah  ta’aruf (saling mengenal). “Dengan salingmengenal di antara sesama Muslim, maka persaudaraan akan terjaga,” ujar Andi.

Ia melanjutkan, T  yang kedua adalah tafahum, artnya saling memahami. “Sesudah kita saling mengenal, maka kita meningkat lebih tinggi menjadi saling memahami,” kata pemenang Audisi Da’i TPI itu.

T yang ketiga, kata Andi, ta’awun. “Setelah saling mengenal dan saling memahami, hendaklah sesama Muslim saling menolong dalam kebaikan dan kesabaran, insya Allah ukhuwah kita akan selalu terjaga,” paparnya.

Andi menyebutkan T yang keempat adalah takaful. Artinya saling  meringankan satu sama lain.

T yang kelima, kata Andi, tasamuh. “Artinya saling toleransi dan tenggang rasa,”  tutur Ustadz Andi Ghalib.

Acara Halala bihalal SMA Bosowa Bina Insani dibuka oleh Kepala SMA Bosowa Bina Insani Dedi Supriyadi. Acara tersebut juga dihadiri Ketua Parents Association Bosowa Bina Insani (PABBI) SMA Bosowa Bina Insani Yayi Bayu Krisnamurthi dan jajarannya, para guru dan siswa SMA Bosowa Bina Insani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement