Jumat 24 Oct 2014 03:14 WIB

Bagaimana Pimpinan Muslim Malawi Perangi HIV-AIDS?

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Mansyur Faqih
Muslim di Malawi.
Foto: Malawivoice.com
Muslim di Malawi.

REPUBLIKA.CO.ID, LILONGWE -- Meningkatnya kasus HIV dan AIDS di Malawi dianggap ikut merusak tatanan masyarakat di negara itu. Karenanya, para tetua adat yang tergabung dalam komunitas Muslim di negeri Afrika itu sepakat untuk membasmi sejumlah praktik budaya yang ditengarai sebagai pemicu penyebaran virus tersebut.

"Ada banyak budaya dan adat istiadat yang sudah dipraktikkan masyarakat kita sejak zaman dahulu. Namun, tidak semuanya layak untuk terus dipertahankan. Bahkan, ada beberapa di antaranya yang harus kita tinggalkan," tutur tokoh masyarakat Islam Mali, Kadewere, kepada OnIslam.net, Kamis (23/10).

Ia mengatakan, di antara budaya yang dianggap berpotensi memperluas wabah HIV dan AIDS di Malawi adalah tradisi upacara inisiasi. Biasanya, para remaja yang baru saja mencapai pubertas diminta untuk berhubungan seks dengan gadis remaja. 

Di samping itu, ada pula tradisi yang menganjurkan perempuan muda yang sudah mencapai pubertas untuk berhubungan badan dengan pria yang lebih tua.

"Adat istiadat dan kepercayaan seperti yang disebutkan di atas sudah ketinggalan zaman dan tidak bisa lagi dipertahankan. Bahkan, praktik-praktik budaya semacam ini turut membantu penyebaran penyakit HIV dan AIDS di sebagian besar masyarakat di negeri ini," kata Kadewere.

Karenanya, ujar dia, pemimpin tradisional Muslim di Malawi akan terus berupaya membangun kesadaran masyarakat akan bahaya dari praktik kebudayaan tersebut. Antara lain dengan menyebarkan syiar dan nilai Islam dengan sungguh-sungguh.

Malawi menjadi salah satu negara yang memiliki tingkat prevalensi HIV dan AIDS tertinggi di sub-Sahara Afrika. Para pengidap penyakit di sana kebanyakan berasal dari kaum perempuan dan anak-anak. 

Selain itu, kemiskinan juga disebut-sebut sebagai faktor utama yang memperparah penyebaran HIV dan AIDS di Malawi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement