Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Majalah Prancis Penerbit Ilustrasi Nabi Dihujani Kecaman

Rabu 02 Jan 2013 22:43 WIB

Red: Setyanadivita Livikacansera

Surat Kabar Charlie Hebdo

Surat Kabar Charlie Hebdo

Foto: algerie360.com

REPUBLIKA.CO.ID, Majalah satir Prancis, Charlie Hebdo kembali merilis komik berilustrasi yang menceritakan kehidupan Nabi Muhammad SAW.

Sebelumnya, kantor Charlie Hebdo menjadi sasaran amuk massa ketika merilis menerbitkan kartun Nabi Muhammad September lalu. Dikutip dari Aljazeera, majalah mingguan ini pada Rabu (2/1) menerbitkan menerbitkan edisi 64-halaman khusus lengkap dengan ilustrasi yang bercerita tentang kehidupan Rasulullah.

Ilustrator buku Stephane Charbonnier mengungkapkan, publikasi buku berjudul The Life of Muhammad, adalah karya biografi yang telah melakukan penelitian dan disusun oleh seorang sosiolog.

Majalah Charlie Hebdo memang telah beberapa kali menerbitkan versi kartun nabi Muhammad dengan dalih kebebasan berbicara. Tapi, langkah majalah ini selalu mendapat kecaman dari komunitas Muslim.

Staf Senior Perdana Menteri Turki, Ibrahim Kalin mengungkapkan, ilustrasi terhadap penggambaran Rasulullah yang dilakukan Charlie Hebdo adalah provokasi bagi kaum Muslim dunia.

"Mentransformasikan Nabi Muhammad ke dalam bentuk ilustrasi adalah jelas sebuah kesalahan," ujar Kalin dalam akun Twitternya. 

Juru bicara Pemerintah Prancis Najat Vallaud-Belkacem, juga menghimbau Charlie Hebdo agar tidak lagi memicu kemarahan masyarakat Muslim. "Jangan menyiram minyak tanah kepada api," sarannya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA