Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Ummu Rafi Pelayan Kepercayaan Rasulullah

Jumat 24 May 2019 17:31 WIB

Red: Agung Sasongko

Ilustrasi Perempuan Salehah

Ilustrasi Perempuan Salehah

Foto: Pixabay
Kedekatannya dengan Rasulullah merupakan pintu ilmu baginya.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Rasulullah SAW memiliki banyak budak sebelum wahyu turun. Beberapa di antaranya, dibeli sendiri oleh Rasul. Ada juga yang merupakan pemberian atau kepunyaan istri-istrinya.

Begitu risalah kenabian turun, sebagian besar budak itu dimerdekakan. Tapi, bagi sebagian budak, keputusan tersebut tak membuat mereka bergeming, ini karena keinginan kuat mereka mengabdi kepada Baginda Rasul dan keluarganya. Salah satu nama budak itu ialah Salma. 

Salma adalah istri Abi Rafi yang juga berasal dari golongan maula (budak). Sang suami adalah hadiah Abbas bin Abdul Muthalib untuk Rasulullah. Setelah memperoleh kebebasan, kedua pasangan suami istri itu memilih berkhidmat kepada Rasul. 

Salma akrab disapa dengan Ummu Rafi. Pengabdiannya sebagai pelayan keluarga Rasul dimulai sejak Khadijah. Pelayanan ini berlangsung pascakematian istri pertama Rasulullah tersebut. Ummu Rafi andil sebagai bidan, ikut membantu proses kelahiran putraputri Rasulullah dari Khadijah.

Ummu Rafi pula yang mengasuh dan mengayomi putra-putri Rasulullah dari kecil, makanya hingga tumbuh dewasa mereka dekat dengan Salma yang sering dipanggil ibu. 

Setelah Khadijah wafat, Ummu Rafi dan suaminya setia melayani kebutuhan Rasulullah. Ketika istri Nabi Mariyah Qibthiyah melahirkan putra pertamanya, Salma dengan setia menunggu dan membantu proses kelahiran. Maria melahirkan bayi laki-laki pada tahun kedelapan setelah Hijriah. Kelahiran putra Rasulullah ini disambut dengan gembira. 

 

sumber : Dialog Jumat Republika
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA