Ahad 03 Aug 2014 12:51 WIB

Tidak Saling Mengumpat (1)

Prinsip mendasar dalam hidup berumah tangga, yaitu saling berinteraksi secara baik.
Foto: Republika/Agung Supriyanto/ca
Prinsip mendasar dalam hidup berumah tangga, yaitu saling berinteraksi secara baik.

Oleh: Nashih Nashrullah      

Maraknya kasus perselisihan para figur publik yang disorot media, tentu menyayat hati.

Sebab, tiap tindak tanduk mereka, menjadi acuan oleh banyak masyarakat. Setidaknya, memberikan contoh buruk terhadap dinamika berumah tangga.

Perceraian yang konon tabu, kini seakan menjelma menjadi hal lumrah sebagai dampak langsung atau secara tidak langsung dari terpublikasikannya pertikaian rumah tangga para artis atau tokoh panutan di berbagai media.

Tentu, kondisi ini mengingatkan kita kembali akan makna dan tujuan berumah tangga. Satu hal lagi menegaskan lebih kuat terkait urgensi menjaga dan mempertahankan biduk keluarga.

Prinsip mendasar dalam hidup berumah tangga, yaitu saling berinteraksi secara baik serta saling menghormati dan menghargai. Tiap permasalahan yang mengemuka, diatasi dengan cara yang santun dan kepala dingin.

Ini sesuai dengan tuntunan yang terdapat di surah an-Nisaa’ ayat 19. “Dan bergaullah dengan mereka secara patut. Kemudian, bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan kepadanya kebaikan yang banyak.”

Mengumpat suami atau sebaliknya, terlebih mengumbarnya di depan umum dan dijadikan sebagai konsumsi publik, merupakan perbuatan yang tercela. Menurut hadis riwayat Abdullah bin Mas’ud, berkata kasar dan jelek kepada suami merupakan bentuk kefasikan.

Tindakan itu semestinya dihindari oleh siapa pun, tak terkecuali istri kepada suami. Mencela atau memaki, sebagaimana ditegaskan hadis dari Abdullah bin Mas’ud di riwayat yang lain, tidak termasuk karakter seorang mukmin.

Maka berhati-hatilah para istri agar tidak mudah mengeluarkan perkataan kasar atau tak patut kepada suami.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement