Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Kisah Anak Abu Jahal, Gugur Sebagai Syuhada

Selasa 12 Feb 2019 11:15 WIB

Red: Hasanul Rizqa

Nama-nama indah Rasulullah SAW.

Siluet jamaah haji dari berbagai negara saat melaksanakan wukuf sebagai syarat sah berhaji di Padang Arafah, Arab Saudi, Senin (20/8). Mereka berdiam (wuquf), berdoa dan dzikir memohon ampunan kepada Allah SWT hingga matahari terbenam.

Foto:
Sesudah memeluk Islam, Ikrimah menjadi pejuang Islam yang tangguh.

Ikrimah terus meningkatkan kualitas iman dan ketakwaannya. Di samping belajar, dia juga ikut ke kancah peperangan dalam membela kehormatan agama Islam.

Salah satu pertempuran yang dia ikuti adalah Perang Yarmuk. Di sini, pasukan Muslim menghadapi Romawi yang terus mengusik ketenangan umat Islam di perbatasan. Pimpinan pasukan Muslim ada di tangan Khalid bin Walid.

Dalam perang tersebut, pasukan Muslim sempat terdesak. Namun, dengan gagah berani Ikrimah memimpin beberapa orang untuk menggempur gelombang pasukan Romawi. Padahal, saat itu Khalid bin Walid sudah meminta Ikrimah agar mundur sejenak.

“Ikrimah, kamu jangan bodoh! Kembali ke sini! Bila engkau mati, itu adalah kerugian besar bagi kaum Muslimin,” seru Khalid.

“Biarkan saja, wahai Khalid. Biarkan aku menebus dosa-dosaku yang telah lalu. Aku telah memerangi Rasulullah SAW di beberapa medan peperangan sebelum ini. Maka pantaskah aku setelah masuk Islam lari dari kejaran tentara Romawi? Tidak. Sama sekali tidak!” jawabnya sambil tetap melangkah maju.

Ikrimah lantas berseru kepada para pengikutnya, “Siapakah di antara kalian yang berani mati bersamaku!?”

Segera, beberapa Muslim berdiri di samping Ikrimah. Mereka lantas menerjang pasukan Romawi. Bagaikan singa kelaparan, Ikrimah berhasil memukul mundur tentara musuh.

Namun, luka-luka di tubuhnya semakin parah. Di akhir pertempuran, banyak jasad pasukan Muslim yang bergeletak. Di antara mereka, ada tiga mujahid Muslim dalam keadaan kritis.

Sakaratul maut membayang di mata mereka: Ikrimah bin Abu Jahal, Al-Harits bin Hisyam dan Ayyasy bin Abi Rabi’ah.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA