Selasa 25 Sep 2018 20:16 WIB

Delima Hiasan Abad Pertengahan

Perpustakaan al-Hambra di Granada memiliki gerbang delima.

Rep: Erdy Nasrul/Hasanul Rizqa/ Red: Agung Sasongko
Buah delima
Foto: pixabay
Buah delima

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Di abad pertengahan, pohon delima menjadi objek budi daya, baik untuk pertanian maupun hiasan. Perpustakaan al-Hambra di Granada memiliki gerbang delima yang dibangun pada 1536.

Perancangnya adalah arsitek yang pernah membangun istana Kaisar Romawi Charles V (1500-1558), Pedro Machuca (1490- 1550). Bangunan itu berupa batu-batu yang saling menguatkan dengan ukiran kotak-kotak.

Bagian pinggir bawah kiri dan kanan terdapat pintu pejalan kaki. Bagian kanan mengarah ke Menara Crimson, Auditorium Manuel de Falla, dan Villa Martyr.

Jalur lainnya adalah jalan menuju bagian selatan tembok al-Hambra. Sedangkan, tengahnya adalah gerbang besar untuk dilewati kendaraan.

Bagian atasnya berbentuk cekungan khas bangunan tua Barat dan Timur. Atapnya berbentuk segi tiga dengan sepasang pilar besar sebagai kakinya menancap ke tanah.

Di bagian atas nya terdapat tiga ornamen delima berwarna putih yang sudah kusam. Ada juga patung burung yang kerap menjadi lambang kerajaan dan pasukan tentara berbagai dinasti. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement