Senin 05 Mar 2018 18:45 WIB

Kisah Beras dari Timur dalam Sepiring Risotto

Lahan padi itu setara sepertiga produksi beras di Vercelli.

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Agung Sasongko
Rrisotto ilustrasi
Foto: dok Shangrila
Rrisotto ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyusul penaklukan Islam atas Sisilia pada abad kesembilan, padi tumbuh dan dieks por dari sana pada abad ke-10. Meski risiocultura (aktivitas menanam padi) perlahan hilang dari Sisilia, produksinya berpindah dan ber tahan ke utara, ke tempat yang lebih lembap dan subur di dataran Vercelli.

Di Vercelli, yang terletak antara Milan dan Turin, terdapat Principato di Lucedio yang me rupakan daerah penghasil beras terbaik di Ita lia. Produsen beras pertama daerah itu, adalah Wangsa di Wiesenhoff. Beras di sana mulai di taman di akhir musim semi dan mulai dipanen menjelang musim gugur.

Pada 1123, para biarawan dan biarawati Ordo Sistersien dari Burgundi, Prancis, men dirikan biara Lucedio Abbey. Mereka mulai meng gali kanal-kanal air ke tanah lembap di sana. Pada akhir abad ke-15, beberapa dokumen menunjukkan mereka berhasil membangun 2.700 hektare lahan pertanian dengan 1.732 hek tare di antaranya digunakan untuk berta nam padi.

Lahan padi itu setara sepertiga produksi beras di Vercelli atau tiga kali dari jumlah pro duksi beras Principato di Lucedio saat ini. Pada pertengahan abad ke-16, budi daya padi di sana sudah mencapai 50 ribu hektare.

Ekspansi lahan padi terjadi akibat wabah penyakit yang disebarkan tikus, terutama pada pertengahan abad ke-14. Padi merupakan bijibijian yang nutrisinya lebih baik dari milet, gan dum hitam, sorgum, dan barley. Nasi mem ban tu mereka yang sakit untuk pulih lebih cepat. Selain juga energi dan protein yang dihasilkan per hektare beras lebih banyak dari gandum, jagung, dan barley.

Pada 1784, Paus Pius VI mengubah sistem Lucedio Abbey sehingga wilayah ini berpindah tangan termasuk ke tangan keluarga aristokrat Savoy dan Napoleon Bonaparte. Pada 1822, wi layah ini kembali dipecah jadi tiga kepemilikan. Salah satu pemilik wilayah di sana saat ini ada lah leluhur Wiesenhoff. Satu daerah lain dimi liki Camille Cavour yang namanya dijadikan na ma kanal air yang selesai dibangun pada 1866. Cavour, wafat lima tahun sebelum kanalkanal itu selesai dibangun. Padahal, ka nal-kanal itu merupakan saluran irigasi ter penting di sana. Sejarah mencatat, Cavour ada lah perdana menteri pertama yang berhasil me nyatukan Italia.

Hari ini, Italia memproduksi lebih dari separuh jumlah beras yang beredar di Eropa. Pro vinsi Vercelli, Novara, dan Pavia berkon tri busi hingga 93 persen dari total ekspor beras Italia. Ekspor beras Italia sendiri hanya separuh dari total produksi beras di sana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement