Senin 30 Oct 2017 18:00 WIB

Ketika Ibnu Sina Meneropong Supernova

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Supernova (ilustrasi).
Foto: Science Alert
Supernova (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Bapak pengobatan modern. Itulah predikat terhormat yang tersemat pada ilmuwan Muslim, Ibnu Sina. Namun jangan salah, Ibnu Sina tak hanya menekuni ilmu kedokteran dan pengobatan. Ia juga mendalami beberapa ilmu pengetahuan lainnya seperti astronomi, pendidikan, filsafat, bahkan politik.

Di ranah astronomi, Ibnu Sina yang oleh kalangan Barat dikenal sebagai Avicenna pernah mengamati supernova yang kemudian ia beri kode SN 1006. Ilmuwan yang lahir pada 980 M ini mengatakan, SN 1006 lebih terang dibandingkan Venus.

Supernova merupakan ledakan dari suatu bintang di galaksi yang memancarkan energi sangat besar. Supernova merupakan pertanda berakhirnya keberadaan suatu bintang. Dalam kitabnya yang berjudul As-Syifa (The Book of Healing), Ibnu Sina menjelaskan tentang bentuk, arah dan penampilan supernova.

Buku ini ditulis ilmuwan asal Persia ini selama 10 tahun, dari 1013 hingga 1023. Belum lama ini tiga ilmuwan Jerman yakni Ralph Neuhauser, Carl Ehrig-Eggert, dan Paul Kunitzsch berupaya menggali lebih dalam informasi penting terkait SN 1006 dengan mengacu pada karya ilmiah Ibnu Sina yakni As-Syifa/.

"Kami sedang mendalami laporan tentang supernova (SN 1006) yang ditulis oleh ilmuwan Muslim terkenal, Ibnu Sina. Laporan itu belum pernah dibahas dalam literatur astronomi mana pun sebelumnya," demikian pernyataan tiga ilmuwan tersebut yang dipublikasikan laman arxiv.org.

Laporan observasi singkat tentang supernova itu, lanjut pernyataan tersebut, termuat dalam kitab karya Ibnu Sina As-Syifa. "Ini adalah kitab yang berisi tentang filsafat, namun membahas juga fisika, astronomi dan meteorologi," katanya menyambung pernyataan itu.

Ketiga ilmuwan itu yakin, karya ilmiah tersebut ditulis ketika Ibnu Sina berada di Iran, Turkmenistan, atau Uzbekistan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement